59 Hari Jelang Penutupan Pendaftaran Pilgub Jatim, Pesaing Khofifah-Emil Tunggu 5 Partai

59 Hari Jelang Penutupan Pendaftaran Pilgub Jatim, Pesaing Khofifah-Emil Tunggu 5 Partai

Ilustrasi Pemilihan Gubernur Jatim 2024-Mohamad Nur Khotib -

HARIAN DISWAY- Pilgub Jatim 2024 sudah main dekat. Pendaftaran bakal mulai 27-29 Agustus. Tersisa 59 hari lagi bagi para penantang petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Sejauh ini, hanya PDIP dan PKB yang gencar menyuarakan bakal mengusung calon sendiri. Dua partai besar itu pun dikabarkan bakal berkoalisi di kontestasi Pilgub Jatim 2024.

PDIP mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai bakal calon gubernur. Dan akan dipasangkan dengan bakal cawagub KH Marzuki Mustamar yang diusung PKB. namun, hingga hari ini masih belum ada keputusan final.

BACA JUGA:Khofifah-Emil Makin Kuat Jelang Pilgub Jatim, Pengamat: Penantang Petahana Sebaiknya Tak Perlu Malu-Malu Lagi


Mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak saat ditemui di Kediaman Prabowo Subianto.-Intan Afrida Rafni-

Sementara posisi Khofifah-Emil makin menguat. Mereka telah mengantongi dukungan dari lima partai politik. Mulai dari Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, PSI, dan PAN. Kelima parpol itu pun menduduki 53 kursi di parlemen.

Tentu menjadi modal yang lebih dari cukup untuk mendaftar ke KPU. Mengingat, syarat pendaftaran cuma 20 persen kursi di DPRD Jatim atau setara dengan 24 kursi. Kini, lima parpol pendukung Khofifah-Emil itu pun bisa makin fokus untuk memanasi mesin politik.

Dinamika politik Pilgub Jatim 2024 memang menarik. Apalagi, hingga saat ini terdapat 5 partai yang belum menentukan arah dukungan. Selain PDIP dan PKB, ada NasDem, PKS, dan PPP.

BACA JUGA:Khofifah Ziarah Ma'la dan Tegaskan Peran Penting Sayyidah Khadijah RA

Kelima parpol itu punya suara yang cukup besar. Bila semua berkoalisi untuk poros baru, tentu persyaratan pendaftaran bisa terpenuhi dengan mudah. Sebab, total kursi mereka mencapai 67 kursi di DPRD Jatim. 

Semua boleh berandai. Termasuk membayangkan lima parpol itu berhadapan dengan lima parpol pengusung Khofifah-Emil. Pasti perebutan Jatim 1 dan Jatim 2 akan berlangsung ketat pada 27 November nanti.

Namun, tampaknya, PPP sudah ambil sikap. Meski belum menerbitkan surat rekomendasi, parpol berlogo Kakbah itu baru saja menyatakan dukungan. “Khofifah akan diundang ke DPP (PPP) untuk langsung diberikan rekomendasi," kata Ketua DPW PPP Jatim Mundjidah Wahab beberapa hari lalu.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Dilirik Nasdem untuk Pilgub Jatim, Tantang Khofifah-Emil?

Seperti diketahui, saat ini Khofifah tengah berada di Makkah untuk menjalankan ibadah haji. Mundjidah memastikan bahwa PPP hanya akan mendukung Khofifah-Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: