Bertambah Lagi, 60 Jamaah Haji Asal Jatim Meninggal Dunia di Tanah Suci

Bertambah Lagi, 60 Jamaah Haji Asal Jatim Meninggal Dunia di Tanah Suci

Ilustrasi jamaah haji yang tiba di Debarkasi Surabaya.-Humas Kemenag Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kabar duka kembali menyelimuti perjalanan ibadah haji 2024 dengan wafatnya 60 jamaah haji asal Jawa Timur di Arab Saudi.

Jumlah tersebut terhitung hingga Senin, 1 Juli 2024 yang mengalami kenaikan dari 51 jamaah yang dilaporkan meninggal pada Kamis, 27 Juni 2024.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya Abdul Haris.

Merespon fenomena tersebut, PPIH Debarkasi Surabaya melakukan upaya penanganan terhadap jamaah haji yang sakit atau memiliki keluhan kesehatan.

"Kami senantiasa berkoordinasi dengan PPIH kloter maupun PPIH Debarkasi Surabaya untuk melakukan upaya pendampingan dan pengawasan jemaah haji sebaik mungkin," ucapnya di Surabaya, Senin, 1 Juli 2024.

BACA JUGA:Sepuluh Hari Pertama Fase Pemulangan Jemaah Haji, 66 Ribu Lebih Jemaah Haji Tiba di Tanah Air

Sosialisasi juga telah dilakukan untuk mengingatkan jamaah agar tidak melebihi batas kemampuannya dalam menjalankan ibadah sunnah, demi mencegah risiko kesehatan yang dapat mempengaruhi keselamatan mereka.

“Dikhawatirkan para jemaah nanti ujung-ujungnya sakit jika mereka terlalu ngoyo melakukan ibadah sunnah,” jelasnya. 

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya meminimalisir jumlah jamaah yang wafat di Debarkasi Surabaya dengan melakukan penanganan cepat terhadap jamaah yang sakit.

Dengan langkah-langkah ini, Haris optimis  dapat menekan angka jamaah yang wafat di tanah suci. 

BACA JUGA:Kabar Duka, Jamaah Haji Asal Tuban Meninggal Dunia di Sumatera Utara

Pria yang pernah menjabat Kepala Kantor Kemenag Bangkalan ini juga menjelaskan, sangat mungkin para jemaah haji wafat karena kelelahan pasca masa puncak haji.

“Karena terlalu fokus beribadah, seringkali para jamaah tidak memperhatikan kondisi kesehatannya. Kami sudah berpesan pada KBIHU untuk senantiasa melihat kemampuan jamaah bila mereka diajak beribadah sunnah," tandasnya.

Di sisi lain, 12.223 jamaah dari 33 kelompok terbang (kloter) sudah tiba di Debarkasi Surabaya. Jumlah tersebut terdiri dari 12.058 jemaah dan 165 petugas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: