Guru PPPK Minta Prabowo Sederhanakan Kurikulum dan Pangkas Jam Kerja

Guru PPPK Minta Prabowo Sederhanakan Kurikulum dan  Pangkas Jam Kerja

Ilustrasi prose belajar mengajar di sekolah.-JPNN-

HARIAN DISWAY - Guru PPPK ramai-ramai meminta presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menyederhanakan kurikulum yang ada.  Kurikulum pendidikan yang berlaku sekarang dinilai terlalu membebani para guru aparatur sipil negara (ASN) baik PNS maupun PPPK. 

Menurut Ketua ASN PPPK Guru 2022 Provinsi Riau Eko Wibowo, persoalan tenaga pendidik akhir akhir ini makin banyak.  Setiap Hari Banyak administrasi yang harus guru selesaikan, sehingga mereka tidak bisa fokus mengajar. Karena harus menyelesaikan administrasi, akhirnya fokus guru untuk mengajar dan mendidik jadi terpecah. 

"Tugas utama kami sekarang menyelesaikan administrasi, sedangkan mengajar di kelas jadi urusan kedua. Inikan salah arah," kata Pak Ekowi, sapaan akrab Eko Wibowo kepada JPNN.com, Senin, 1 Juli 2024.

Saat ini, rata-rata guru PPPK sangat berharap pemerintahan baru bisa mengubah kebijakan sekarang. Prabowo diharapkan bisa menyederhanakan kurikulum, sehingga guru hanya fokus mengajar di kelas. 

BACA JUGA:Pasca Operasi Cedera Kaki, Prabowo Langsung Gaspol Aktivitas Hadiri HUT Bhayangkara

BACA JUGA:Sosok Ketua Tim Dokter yang Operasi Kaki Prabowo: Jenderal Kopassus, Spesialis Bedah Ortopedi Alumni Unair

Tokoh muda pendidikan Riau ini menambahkan guru ASN PPPK maupun PNS punya permintaan khusus kepada Prabowo membawa perubahan pada dunia pendidikan di Indonesia. "Kami ingin kurikulum di bawah Bapak Presiden terpilih Prabowo Subianto membawa perubahan lebih baik dan menyejahterakan para guru se-Indonesia," ucapnya. 

Ekowi menegaskan guru PPPK butuh beasiswa dan jenjang karier jabatan fungsional.  Bisa mutasi ke instansi atau daerah lain, berkarier di jabatan struktural karena guru PPPK punya kompetensi berbagai bidang. 

Wakil Ketua ASN PPPK Sumatera Selatan Susi Maryani juga menyampaikan bagaikan kondisi guru saat ini. Banyak yang tertekan karena disibukkan dengan tugas administrasi. Akibatnya siswa sering terbengkalai, padahal kata Susi, tugas utama guru mengajar mereka. 

BACA JUGA:Prabowo Sukses Operasi Cidera Kaki, Ungkap Doa dan Dukungan Jokowi

BACA JUGA:Operasi Kaki Prabowo Penuh Risiko dan Pertaruhan Nyawa, Jokowi: Mari Doakan Proses Pemulihan

"Kami jadi sedih karena anak-anak sering terbengkalai. Kami terpaksa hanya memberikan tugas, karena harus menyelesaikan tugas administrasi," ucap Susi. 

Musbihin, guru PPPK di Kabupaten Kebumen juga merasakan beban yang sama. Dia berharap jam kerja guru bisa kembali ke sedia kala. 

Bukan seperti sekarang muridnya libur, gurunya masuk kerja. Keluhan yang sama disampaikan Nurul Hamidah, guru PPPK salah satu kabupaten di Jawa Timur. Dia mengungkapkan guru PPPK tidak ada libur sama sekali. Mereka bekerja seperti di kantor pelayanan umum, sehingga tidak ada waktu untuk anak-anak di rumah. "Anak-anak kami di rumah libur tanpa didampingi. Demi mengikuti aturan kami harus mengorbankan anak-anak di rumah," ujarnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: