Gempa Tektonik Guncang Pesisir Utara Jawa Tengah, Terasa di Batang dan Pekalongan

Gempa Tektonik Guncang Pesisir Utara Jawa Tengah, Terasa di Batang dan Pekalongan

Titik Pusat Gempa M4,4 yang dirasakan di sekitar Pekalongan dan Batang sore hari ini -BMKG-

HARIAN DISWAY - Gempabumi tektonik dilaporkan mengguncang wilayah pantai utara Jawa Tengah pada hari Minggu, 7 Juli 2024 pukul 14.35.24 WIB. 

Gempa terasa di wilayah Batang, Pekalongan dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6.87° LS; 109.75° BT tepatnya di darat pada jarak 5 km arah Timur Laut Batang, dengan kedalaman 6 Km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

BACA JUGA:Gempa Bumi M6,2 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Berdasarkan laporan dari Stasiun Geofisika Sleman, Yogyakarta, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Batang dan Pekalongan denagn skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) dengan getaran dirasakan seperti truk yang melintas.

Kemudian di Kendal dengan skala II MMI getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

BACA JUGA:BMKG Ajak Swasta Sadar Resiko Gempabumi dan Tsunami, Beri Contoh Bandara YIA Yang Tahan Gempa Megathrust 8,7

Hingga hari Minggu, 07 Juli 2024 pukul 14.54 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG telah mengeluarkan himabauan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, agar masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: