Ultah ke-26, AJI Surabaya Jalin Kerja Sama dengan FIKOM UKWMS untuk Perkuat Kajian Akademis dan Penelitian Jurnalistik

Ultah ke-26, AJI Surabaya Jalin Kerja Sama dengan FIKOM UKWMS untuk Perkuat Kajian Akademis dan Penelitian Jurnalistik

Petrus Riski (kiri), Hana Septiana, Brigitta Revia, dan Theresia Intan menunjukkan dokumen kerjasama, Jumat, 13 September 2024 di kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. --FIKOM UKWMS

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Membuka kesempatan untuk mahasiswa lebih berkembang dengan mendapatkan pengetahuan baru khususnya jurnalistik, tidak hanya dicapai secara teori. Tapi juga hal-hal praktis lainnya.

Untuk itulah Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya memantapkan komitmen itu dengan menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS).

Utamanya dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang jurnalistik. Kerja sama itu dinyatakan keduanya dengan menandatangani perjanjian kerja sama pada Jumat, 13 September 2024.

BACA JUGA: UKWMS dan PERBANUSA Gelar Edukasi Pembuatan Bio Briket di Kampoeng Oase Ondomohen

Bertempat di kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya hadir Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) UKWMS Brigitta Revia dan Sekretaris AJI Surabaya Hana Septiana mewakili kedua belak pihak untuk berkolaborasi hingga 2027.

Yakni dalam kajian akademis, pendidikan dan penelitian bidang jurnalistik. Brigitta berharap mahasiswa mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan pengalaman baru dalam bidang komunikasi. Terutama terkait dengan jurnalistik dan media.

Selain keduanya, acara itu turut dihadiri oleh Koordinator Divisi Pendidikan AJI Surabaya Petrus Riski dan dosen FIKOM UKWM Theresia Intan. Mereka bersama-sama menunjukkan dokumen resmi yang mengesahkan kerja sama.

BACA JUGA: Lokakarya Bertajuk Women in STEM di UKWMS Membangun Kepercayaan Diri Perempuan di Bidang STEM

Dengan kerja sama ini, menurut Ketua AJI Surabaya Andre Yuris, sangat terbuka kesempatan yang luas bagi anggota AJI Surabaya untuk membagikan pengetahuan sebagai pengajar praktisi jurnalistik kepada para mahasiswa FIKOM UKWMS.

“Di tengah disrupsi media, penting bagi AJI untuk mengisi ruang perkuliahan jurnalistik untuk memperkaya kajian akademis dan praktik jurnalistik yang sesuai dengan kepentingan publik saat ini,” ujar Andre.

Dalam kesempatan itu AJI Surabaya menyepakati pengembangan pers mahasiswa yang ada di UKWM Surabaya. Tidak hanya pada kajian akademis jurnalistik, keduanya akan melaksanakan penelitian terkait jurnalistik dan ekosistem media.

BACA JUGA: Sambut Dies Natalis ke-13, Skrining Tiroid Gratis FK UKWMS dihadiri 300 Peserta Lebih

“AJI Surabaya tengah mempersiapkan riset tentang ekosistem media, profesionalisme dan kesejahteraan jurnalis. Rekan-rekan akademisi dari FIKOM UKWM nantinya akan berkolaborasi,”  lanjutnya.
Para peserta bedah buku karya Nanang Krisdinanto berjudul Runtuh Dari Dalam, pada Jumat, 13 September 2024 di kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. --FIKOM UKWMS

Selain penandatanganan kerja sama, digelar bedah buku Runtuh Dari Dalam karya Nanang Krisdinanto yang seorang dosen FIKOM UKWM. Narasumbernya anggota AJI Surabaya Miftah Faridl dan Dosen Filsafat UKMWS Anastasia Jessica.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: