Hujan Deras di Musim Kemarau, BMKG Tegaskan Bukan Anomali Iklim

Hujan Deras di Musim Kemarau, BMKG Tegaskan Bukan Anomali Iklim

Jembatan patah akibat banjir pasca hujan deras di Kabupaten Seram Barat, Maluku. BMKG menyatakan hujan deras di tengah musim kemarau di beebrapa wilayah Indonesia adalah fenomena yang wajar -BNPB-

“Keberagaman iklim inilah yang menyebabkan wilayah di Indonesia terbagi menjadi banyak zona musim dengan masing-masing monsunal, ekuatorial, dan lokal memiliki tipe zona dengan periode waktu terjadinya musim hujan dan kemarau yang berbeda,” ungkapnya.


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan soal Jakarta diguyur hujan meski masih musim kemarau.-iStock-

Pengaruh suhu permukaan laut yang hangat sekitar di perairan Indonesia turut menjadi bagian dalam terciptanya kondisi yang mendukung adanya awan hujan di wilayah tersebut.

Guswanto selaku Deputi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan bahwa kombinasi pengaruh fenomena cuaca tersebut diperkirakan masih memiliki potensi hujan dengan intensitas Sedang hingga Lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah di Indonesia.

“Meski beberapa wilayah di Indonesia telah memasuki musim kemarau, kami mengimbau masyarakat untuk tetap selalu waspada dan melakukan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem yang masih bisa terjadi di beberapa wilayah,” tutupnya.(Ahmad Hanif Musthafa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: