Pecahkan Rekor MURI, STAB Nalanda Resmi Jadi Kampus Buddha Pertama Penyandang Status Institut

Pecahkan Rekor MURI, STAB Nalanda Resmi  Jadi Kampus Buddha Pertama Penyandang Status Institut

Peresmian Institut Nalanda--instagram @institut.nalanda

HARIAN DISWAY - Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda Jakarta Timur memecahkan rekor Museum rekor Indonesia (MURI) sebagai Perguruan Tinggi Buddha pertama yang menyandang status Institut, menjadi Institut Nalanda.


Peresmian Institut Nalanda--instagram @institut.nalanda

Institut Nalanda yang sebelumnya masih berstatus Sekolah Tinggi, resmi dinyatakan sebagai Institut oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada terbitnya Keputusan Menteri Agama RI Nomor 452 tahun 2024 tentang izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda menjadi Institut Nalanda.

Peresmian tersebut bersamaan dengan pemberian rekor MURI kepada Institut Nalanda di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Pusat, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024. 

BACA JUGA:Cetak Sejarah HJKS yang ke-731, Surabaya Raih Rekor MURI Pos Pelayanan Hukum Terbanyak di Dunia

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat, yakni Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistyanto, Pelopor Pendiri Yayasan Dana Buddhis Romo Surya Widya, dan Direktur Urusan Agama Buddha Nyoman Suriadarma.

Rektor Institut Nalanda, Dr. Sutrisno, S.IP., M.Si mengungkapkan fakta perencanaan perubahan status STAB menjadi Institut telah dicanangkan sejak tahun 2019. 


Penjelasan 17 dimensi dalam SDGs. Pembangunan pedesaan berkelanjutan juga mengacu pada SDGs sebagai komitmen global yang telah disepakati dalam Sidang Umum PBB, September 2015. --

Terdapat 3 hal penting yang menjadi tolok ukur perubahan status STAB menjadi Institut, yakni akreditasi program studi naik level, kelembagaan naik level, dan jumlah mahasiswanya naik level. Harapannya pula dalam peresmian itu, Institut Nalanda dapat memberikan dampak sosial ekonomi yang nyata kepada masyarakat dan turut andil dalam melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs).

BACA JUGA:PPIH Kemenag Akhiri Layanan Haji di Kota Makkah, Jemaah di Madinah Menunggu Proses Pemulangan

Ketua Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda Romo Tan Tjoe Liang mengungkapkan kebanggaannya terhadap Institut Nalanda.

"Tentu dengan berhasilnya mendapat pengakuan rekor Muri ini adalah sesuatu yang membanggakan. Tetapi yang lebih penting adalah esensi meningkatkan pendidikan Buddhis di Indonesia," ungkap Tan Tjoe Liang.

Institut Nalanda yang berlokasi di Jalan Pulo Gebang Nomor 107, Cakung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta ini sempat menyandang Akademi Buddhis Nalanda pada awal mula pendiriannya di tahun 1987. 

Ketika mulai menyandang status sebagai STAB, kegiatan belajar dan mengajarnya berada di Jalan Kramat Raya No. 64, Jakarta Pusat dengan nama “Ruko Nalanda”. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @institut.nalanda