Spanyol Juara Euro 2024, Ini yang Dikatakan Luis de la Fuente saat Jeda Laga Final

Spanyol Juara Euro 2024, Ini yang Dikatakan Luis de la Fuente saat Jeda Laga Final

SPANYOL juara Euro 2024, ini yang dikatakan Luis de la Fuente saat jeda laga final. Foto: De la Fuente (kiri) merayakan kemenangan bersama para stafnya. -Ina Fassbender -AFP

"Para pemainku adalah yang terbaik di dunia. Aku sudah mengatakannya sebelumnya, dan aku memegang teguh kata-kata itu. Dan aku yakin kami selalu bisa lebih baik lagi," tegas De la Fuente optimistis.


SPANYOL juara Euro 2024, ini yang dikatakan Luis de la Fuente saat jeda laga final. Foto: De la Fuente di podium juara Euro 2024. -UEFA-

Luis de la Fuente bukanlah pelatih besar. Seperti Luis Aragones atau Vicente del Bosque waktu menangani Spanyol yang juara Euro 2008 dan 2012.

BACA JUGA:Hasil Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris: Dua Rekor Matador!

BACA JUGA:Statistik Final Euro 2024: Perjalanan Impresif Spanyol vs Keberuntungan Inggris

Tim La Liga yang pernah ia latih hanya Atletico Bilabo. Sisanya, ia menangani tim junior Sevilla dan Bilbao. Nah, waktu menangani tim senior Bilbao itulah, ia direkrut menjadi pelatih timnas U-19 pada 2013. Lima tahun di U-19, ia "promosi" ke timnas U-21.

Setiap menangani kelompok umur, selalu ia bawa Spanyol juara. Misalnya juara Euro U-19 pada 2015. Dan Euro U-21 pada 2121. Puncaknya, ia menangani timnas Spanyol U-23. Dan membawa anak-anak muda itu meraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020.

Diminta menangani timnas senior, eh, berhasil juara Euro juga. Padahal, ia membawa skuad yang hampir seluruhnya anak muda. Rata-rata di bawah 40 tahun.

BACA JUGA:Awal Golden Years Sepak Bola Spanyol?

Pemain tertua adalah Joselu, striker Real Madrid yang berusia 34 tahun. Itu pun jarang jadi starter. Lainnya muda-muda. Ada Nico Williams, 22 tahun, Pedri, 21, Ferran Torres, 24, Dani Olmo, 26, dan Lamine Yamal, 17 tahun.


SPANYOL juara Euro 2024, ini yang dikatakan Luis de la Fuente saat jeda laga final. Foto: De la Fuente bersama para pemainnya saat seremoni penyerahan trofi. -Odd Andersen-AFP

"Jadi kami senang dan bangga dengan tim hebat ini, dan inilah saatnya menikmatinya," kata De la Fuente.

"Kupikir kami telah melakukan sesuatu yang sangat sulit dicapai. Jadi bagi kami, ini adalah hari yang penuh kebahagiaan, dan hanya itu yang kami inginkan: kami ingin menikmatinya," tambahnya.

Sebagai spesialis pelatih timnas, ia sangat optimistis timnya itu bisa bertahan lama. Ia mengaku akan segera memikirkan masa depan. Karena mereka adalah kelompok pemain yang sangat ambisius. Yang ingin memenangkan lebih banyak turnamen.

BACA JUGA:Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris: Harry Kane Buru Sepatu Emas Kedua!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: uefa