108 Kampus Ikut Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia di Universitas Ciputra

108 Kampus Ikut Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia di Universitas Ciputra

Pembukaan KDMI 2024 di Ciputra Hall Surabaya, Selasa 16 Juli 2024-Humas Universitas Ciputra-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 resmi dimulai. Ada 108 universitas se-Indonesia yang mengikuti kompetisi ini.

Tahun ini, Universitas Ciputra (UC) menjadi tuan rumah acara itu mulai 16-21 Juli 2024.

Head Student Affairs UC Novi Rosita mengatakan, kesempatan berharga didapatkan UC tahun ini. Sebab, ini menjadi tahun pertama kampus tersebut dipercaya menjadi tuan rumah untuk kompetisi bergengsi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

“Selama lima bulan ini kami mempersiapkan fasilitas untuk pelaksanaan KDMI. Kami melibatkan 262 mahasiswa untuk menyambut 108 universitas sebagai finalis dalam ajang ini,” kata Novi, dalam konferensi pers di Ciputral Hall, Selasa, 16 Juli 2024.

BACA JUGA: Eri Cahyadi Tantang 1.506 Wisudawan Unesa Jadi Agen Perubahan

BACA JUGA:Hadirkan Jawara MasterChef, Taste of Australia Digelar di Universitas Ciputra


Rektor Universitas Ciputra Yohannes Somawiharja memberi sambutan saat pembukaan KDMI 2024 di Ciputra Hall, Selasa, 13 Juli 2024.-Michael Freddy Yacob/Harian Disway-

Menurutnya, lomba debat itu dapat melatih kecepatan berpikir kritis, ketepatan menganalisis, menemukan solusi dan kecakapan dalam menyampaikan narasi atau gagasan ke publik.

“Ini juga menjadi ajang belajar mahasiswa kami. Salah satunya event manajemen,” ucapnya.

Namun, dia menegaskan, hal terpenting dari kegiatan ini yang bisa langsung dirasakan oleh mahasiswa UC adalah perluasan relasi. Karena, ada ratusan mahasiswa yang ikut dalam kompetisi itu.

“Dalam satu minggu ini, akan banyak sekali teman-teman baru mereka dapatkan dari lintas universitas di Indonesia,” terangnya.

BACA JUGA:Tim Dosen Universitas Ciputra Rilis Buku Penguatan Identitas Kya-Kya di Surabaya

BACA JUGA:Pokemon Run 2024 Akan Digelar di Surabaya, Berlokasi di Areal Universitas Ciputra

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta Nasional Kemendikbud Ristek Tatang Muttaqin menjelaskan KDMI kali ini mengusung tema: Jujur itu Juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: