DPR Dorong Pengelola PLTU Paiton Segera Susun Peta Jalan Transisi Menuju Energi Terbarukan

DPR Dorong Pengelola PLTU Paiton Segera Susun Peta Jalan Transisi Menuju Energi Terbarukan

Dalam setahun, PLTU yang terletak di Paiton, Jawa Timur dapat menyuplai energi listrik sebesar 7000 GigaWatt. Jumlah tersebut dapat memenuhi 5 persen dari kebutuhan energi listrik se-Jawa dan Bali. --

Diah juga menambahkan aspek kesungguhan yang harus diperhatikan oleh PLN Paiton dalam upaya transisi energi juga berasal dari daya dukung kebijakan penganggaran.

Hal tersebut bertujuan untuk membentuk perencanaan transisi energi yang baik agar tetap berkelanjutan.

BACA JUGA:Melek Digital Tingkatkan Human Capital Pegawai PLN

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VII Bambang Haryadi menyampaikan bahwa inovasi transisi energi PLN Paiton yang baik akan ditiru oleh pembangkit listrik di daerah lain.

“Rencana transisi PLN Paiton ke energi biomassa ini satu terobosan bagus, karena kita tahu bahwa komitmen Indonesia pasca Presiden Jokowi menandatangani Perjanjian Paris, kita akan menuju NZE 2060. Ini salah satu langkah strategis yang dilakukan PLN,” ungkap Bambang.

BACA JUGA:PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan, Pastikan Keandalan Pelayanan KTT WWF 2024 di Bali

“Kita akan selesaikan RUU PTL terbaru, dan kita juga akan lebih mengkongkritkan lagi mana-mana saja pembangkit listrik PLN yang akan bertransisi ke energi baru terbarukan,” ujar Bambang.

Percepatan ini menjadi harapan Komisi VII DPR RI agar pembangkit listrik dapat berangsung-angsur beralih ke energi baru terbarukan dan dapat mencapai target NZE 2060, serta menjaga pasokan listrik masyarakat tetap baik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: