Voist Istiqlal Batalkan Acara Seminar Ari Gordon: Kritik Terhadap Pilihan Pembicara Yahudi

Voist Istiqlal Batalkan Acara Seminar Ari Gordon: Kritik Terhadap Pilihan Pembicara Yahudi

Majid Istiqlal-Uloom.id-

HARIAN DISWAY - Lembaga Voice of Istiqlal (Voist Istiqlal) yang berada di bawah naungan Masjid Istiqlal hendak menggelar seminar yang mengundang Direktur American Jewish Committee (AJC) Ari Gordon sebagai pembicara, pada Rabu, 17 Juli 2024.

Namun, acara yang hendak digelar di Perpustakaan Masjid Istiqlal itu mendapat kecaman dari warganet karena dianggap tidak pantas mengundang Ari Gordon sebagai pembicara, mengingat latar belakangnya sebagai Yahudi berkebangsaan Amerika yang erat kaitannya dengan zionisme.

Secara tiba-tiba, Voist Istiqlal membatalkan acara tersebut. Dalam unggahan di story Instagram, mereka mengumumkan informasi pembatalan tersebut.

“Dengan menyesal kami informasikan bahwa forum dengan Bapak Ari Gordon telah dibatalkan dan tidak akan berjalan sesuai jadwal. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan menghargai pengertian Anda,” tulis mereka pada Rabu, 17 Juli 2024 siang.

Ketika dimintai keterangan oleh sejumlah media lokal, pengurus Masjid Istiqlal seperti Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam dan Pejabat Badan Pengelola Masjid Istiqlal Bukhori Sail Attahiri tidak mengetahui informasi lebih dalam terkait acara tersebut.

BACA JUGA:Kunjungan Kontroversial ke Israel: PBNU Angkat Bicara dan Minta Maaf

BACA JUGA:Ketum PBNU Ungkap Peran NGO yang Bantu Lobi Israel Masuk ke Banyak Negara

Mereka tidak tahu bahwa lembaga di bawah naungan Masjid Istiqlal itu hendak mengundang Ari Gordon sebagai pembicara dan apa alasan di balik pembatalan acara tersebut.

Informasi yang didapatkan hanya sebatas bahwa acara tersebut dibatalkan.

Salah satu kritik terkait acara ini datang dari Ustaz Fahmi Salim. Dirinya mengungkapkan pertentangannya melalui akun X @fahmisalim2.


Seminar Voist Istiqlal Bersama Tokoh Yahudi Ari Gordon-Akun X @fahmisalim2-

“Sebagai pembayar pajak negeri ini boleh dong kita protes dan persoalkan kenapa agen-agen hasbara Indonesia ini bisa menyusup jadi pengajar program kaderisasi ulama Masjid Istiqlal dan pemateri kajiannya?” tulis UFS.

AJC sendiri yang membawa nama Ari adalah organisasi yang tegas membela Israel dan zionisme.

Mereka terang-terangan menyebutkan siapa saja yang antizionisme adalah seorang antisemitisme (pembenci orang Yahudi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @voiceofistiqlal