Setelah Surabaya, Gibran Lanjut Uji Coba Makan Bergizi Gratis ke Tangerang dan Luar Jawa

Setelah Surabaya, Gibran Lanjut Uji Coba Makan Bergizi Gratis ke Tangerang dan Luar Jawa

Untuk melakukan uji coba programnya, Gibran Rakabuming Raka membagikan nasi kotak ke siswa-siswi SD Negeri Klampis Ngasem III, Surabaya, Kamis, 1 Agustus 2024. -Martinus Ikrar Raditya-HARIAN DISWA

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Rakamelakukan uji coba program makan bergizi gratis di berbagai daerah. Termasuk SURABAYA. Teranyar, diujicobakan di SD Negeri Klampis Ngasem III, Kamis, 1 Agustus 2024.

Putra sulung Presiden Jokowi itu memuji pelaksanaan uji coba makan bergizi di Kota Pahlawan. "Uji coba di Surabaya terbaik karena sesuai SOP. Ke depan apa yang dijalankan di Surabaya akan diterapkan di kota lain," ujar Gibran seusai acara.

Gibran menegaskan bahwa uji coba ini tidak digelar selama sehari, melainkan hingga Oktober 2024. Selain Surabaya. Uji coba makan bergizi gratis juga sudah berjalan di Bogor, Surakarta, dan akan berlanjut ke daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Gibran Uji Coba Makan Gratis di Surabaya, Menu Ayam Rp 15 Ribu

"Mungkin minggu depan kita sudah mulai ke Tangerang. Lalu Minggu depannya lagi mungkin sudah mulai ke luar Pulau Jawa," imbuhnya. Ia juga menegaskan bahwa uji coba makan bergizi gratis tetap terus dilakukan hingga menjelang pelantikan.

"Kami mohon masukan-masukannya ya. Yang jelas kita ingin menyediakan makanan yang terbaik, dengan gizi dan nutrisi yang baik agar bisa dinikmati dan bermanfaat buat masyarakat," ungkap eks wali kota Surakarta itu.

Saat ujicoba, Gibran langsung terjun untuk mengecek pelaksanaannya di lapangan. Ia didampingi oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi serta pihak terkait lainnya.

BACA JUGA: Gibran: Program Makan Bergizi Gratis Punya Multiplier Effect untuk UMKM

Paket makan gratis yang diujicobakan itu senilai Rp 15 ribu. Berisi nasi putih, ayam tepung saus manis dengan potongan kentang dan wortel, sayur sawi putih, buncis, bakso, buah melon dan susu putih 200 ml.
Gibran Rakabuming Raka yang membagikan sendiri nasi kotak ke siswa-siswi SD Negeri Klampis Ngasem III, Surabaya, Kamis, 1 Agustus 2024. Anak-anak pun menyambutnya dengan riang. -Martinus Ikrar Raditya-HARIAN DISWAY

"Kemarin paket makannya senilai Rp 14.900 di daerah lain. Kali ini di Surabaya senilai Rp 15 ribu dengan menu lauknya ayam saus manis, sayur, melon, nasi, susu. Komposisi yang ideal seperti itu," kata Gibran tentang paket makan gratis yang diberikan.

Gibran mengatakan bahwa menu makanan bergizi itu disiapkan oleh UMKM Surabaya. Gibran memastikan UMKM yang dipilih sudah terjamin. “UMKM-nya dicek mendapatkan sertifikat kebersihan. Menu-menunya juga sudah dipastikan gizinya,” ucapnya.

BACA JUGA: Uji Coba Makan Gratis sudah Jalan 2 Minggu di SDN Klampis Ngasem III, Tiap Hari 300 Porsi

Uji coba yang dilakukan Gibran ini adalah yang ketiga kalinya. Setelah Sentul dan Surakarta. Sebelum melakukan uji coba, Gibran mendapatkan masukan dari sejumlah pihak untuk program ini. Mulai dari pihak sekolah, orang tua, hingga masyarakat.

Anda sudah tahu, program makan gratis itu merupakan program inisiasi dari presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto. Program tersebut diklaim dapat menekan permasalahan gizi buruk dan stunting terhadap anak-anak Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: