Freed Ballet Akan Pentaskan Dua Lakon Balet, Suguhkan Kompleksitas dan Kebebasan Gerak

Freed Ballet Akan Pentaskan Dua Lakon Balet, Suguhkan Kompleksitas dan Kebebasan Gerak

Freed Ballet Akan Pentaskan Dua Lakon Balet, Suguhkan Kompleksitas dan Kebebasan Gerak. Adegan dalam balet Swan Lake. Komposisi tersebut akan ditampilkan oleh Freed Ballet di Ciputra Hall Surabaya, pada 10 Agustus 2024.-Freed Ballet-HARIAN DISWAY

Freed Ballet, kelompok balet profesional yang telah diakui secara internasional, akan mempersembahkan pertunjukan Swan Lake di Ciputra Hall Surabaya pada 10 Agustus 2024 mendatang. Pementasan itu dibuka oleh komposisi The Beginning

Versi Swan Lake yang ditampilkan Freed Ballet di Ciputra Hall, merupakan interpretasi modern yang dikemas dalam satu babak. Berbeda dengan versi klasik yang biasanya terdiri dari tiga babak dan memerlukan banyak pemain. 

Pertunjukan Swan Lake tentu menjadi suguhan balet paling dinanti tahun ini. Apalagi lakon tersebut mendapat posisi terhormat dalam sejarah dunia seni tari. Termasuk balet. Swan Lake merupakan salah satu balet klasik paling terkenal. 

BACA JUGA:Konser Balet Spektakuler Swan Lake akan Tampil di Surabaya

Cerita yang dihadirkan berkisah tentang seorang gadis angsa. Dia membuat perjanjian dengan kekuatan gelap untuk menemukan sosok pangeran yang dapat mencintainya sepenuh hati. Setelah keinginannya tercapai, dia justru ingin membebaskan diri dari kutukan tersebut. 

Melalui cinta dan kebahagiaan, gadis angsa berhasil memutus perjanjian itu. Gadis Angsa dan kekasihnya pun berhasil menciptakan perdamaian dan cinta. "Bagi para penari, Swan Lake memberi kesempatan untuk mengekspresikan cerita yang kaya makna dan tema abadi tentang cinta. Pun, pilihan antara kebaikan dan kejahatan," ujar Vitally Amialishka, salah satu member Freed Ballet.

Seperti telah disebutkan, Swan Lake adalah salah satu balet klasik yang paling terkenal. Termasuk terkenal rumit. Sebab, setiap gerakan dalam Swan Lake memiliki kompleksitas teknis yang tinggi. Itu adalah tantangan besar bagi para penari. Karena mereka harus memiliki bakat dan keterampilan yang luar biasa.


Freed Ballet Akan Pentaskan Dua Lakon Balet, Suguhkan Kompleksitas dan Kebebasan Gerak. Komposisi The Beginning berbeda dengan Swan Lake. Yakni lebih mengutamakan kebebasan gerak. Keduanya akan ditampilkan oleh Freed Ballet di Surabaya.-Freed Ballet-HARIAN DISWAY

BACA JUGA:Sudah Tayang Abigail Suguhkan Sisi Seram Penari Balet, Simak Sinopsis Lengkapnya

Penonton akan disuguhkan penampilan Ameli Amialishka sebagai Odile dan Odette, serta Vitally Amialishka sebagai Pangeran Siegfried. Keduanya adalah mantan solis dari Teater Mariinsky, yang dikenal dengan keahlian menari dan penampilan emosional yang mendalam.

Iraklii Tskhvitariia, manajer proyek Freed Ballet, mengungkapkan kegembiraannya atas kesempatan memperkenalkan seni balet klasik kepada masyarakat Surabaya. "Selain Swan Lake, Freed Ballet juga akan menampilkan balet neoklasik berjudul The Beginning pada babak pertama," ujarnya. 

The Beginning berkisah tentang awal mula alam semesta, kelahiran cinta dan kehidupan, serta perjalanan manusia menuju pemahaman dan cinta, berdasarkan karya Vladimir Megre berjudul Creation.

BACA JUGA:A Charity Ballet Performance oleh Belle Ballet School Persembahkan Tiga Tari Balet untuk Anak-Anak Panti

Dalam balet neoklasik, The Beginning lebih mengutamakan kebebasan gerak. Berbeda dengan jenis balet klasik yang memiliki aturan ketat. Musiknya pun disesuaikan untuk penonton kontemporer. 

"The Beginning menggabungkan elemen modern dengan teknik klasik yang diwariskan oleh para guru dan master balet," ungkap Vitally. Cerita dalam The Beginning pun lebih mudah dipahami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: