Catatan Waktu Aleix Espargaro Gantikan Rekor Johann Zarco di Silverstone

Catatan Waktu Aleix Espargaro Gantikan Rekor Johann Zarco di Silverstone

Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2024: Aleix Espargaro Pole Position di Kandang Sendiri-Motogp-

HARIAN DISWAY - Akhirnya, rekor waktu terbaik satu putaran 1:57,767 yang dimiliki oleh pembalap Johann Zarco (saat itu masih bersama tim satelit Ducati-Pramac Racing) di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada musim balap 2022, berhasil dipecahkan.

Pembalap utama tim pabrikan Aprilia Aleix Espargaro berhasil mencatatkan rekor dengan catatan waktu 1:57,309, sekaligus berhak menempati pole position untuk balapan, Minggu, 4 Agustus 2024.

Sejak musim balap 2023 MotoGP memberlakukan adanya Practice Race di hari Jumat. Hasilnya menentukan 10 pembalap pertama di Q2 (kualifikasi ke-2) di hari Sabtu.

Saat Practice Race, sirkuit Silverstone mencatatkan cuaca panas dengan suhu tertinggi di lintasan adalah 43 darajat celcius. 

Hasil Practice Race sirkuit Silverstone pada Jumat 2 Agustus memunculkan nama pembalap utama tim satelit Ducati-Pramac Racing Jorge Martin dengan catatan best time 1 putaran 1:57,911. 

BACA JUGA:Honda Terpuruk di MotoGP 2024, Tantangan Baru Menanti di Silverstone

BACA JUGA: Marc Marquez Pindah ke Ducati Corse Beri Efek Domino di MotoGP

Kemudian disusul Espargaro, Bagnaia, Bastianini, Miller, Di Giannantonio, Binder, Vinales, Bezzecchi, Marc Marquez untuk langsung ke Q2 hari Sabtu.

Pada Q2, sirkuit Silverstone mengalami perubahan suhu permukaan lintasan jadi 30 derajat celcius dengan tingkat kelembaban udara 73%. 

Namun ada yang menarik dari penggunaan ban, idealnya adalah konfigurasi ban depan soft-belakang medium.

Namun, kebanyakan pembalap mencoba membalik konfigurasi ban depan medium-belakang Soft

Ada kemungkinan, itu adalah trik untuk merasakan bagaimana traksi ban ke aspal saat suhu lintasan di 10 menit pertama Q2 (kualifikasi ke-2).

Sedikit flashback ke sepanjang dua musim lalu di sirkuit yang sama, bahwa konfigurasi ban soft-medium justru sangat berfungsi maksimal saat Q1-Practice Race-Q2. 

BACA JUGA:Yamaha Hadapi Tantangan Besar di Seri ke-10 MotoGP Silverstone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: