Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Jalani Latihan di Cibubur

Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Jalani Latihan di Cibubur

Sebanyak 76 calon Paskibraka tingkat pusat tahun 2024 mulai menjalani latihan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat.-Disway.id-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Sebanyak 76 calon Paskibraka tingkat pusat tahun 2024 mulai menjalani latihan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat.

Latihan itu merupakan bagian dari persiapan mereka untuk upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79.

Dilansir dari Disway.id di lokasi pada Kamis, 1 Agustus 2024, menunjukkan bahwa calon Paskibraka dari 38 provinsi ini memulai latihan mereka sekitar pukul 08.00 WIB.

Mereka mengenakan seragam lengan panjang berwarna merah dipadukan dengan putih, lengkap dengan topi dan sepatu senada. Meskipun cuaca cukup terik, semangat dan keceriaan tetap terlihat dari wajah para calon Paskibraka saat menjalani latihan.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina, menyatakan bahwa tujuan dari program Paskibraka ini adalah untuk mengarusutamakan Pancasila kepada putra-putri terbaik bangsa, serta menguatkan jiwa kepemimpinan, keterampilan, dan kedisiplinan guna menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air.

"Menanamkan dan menumbuhkan semangat patriotisme serta nasionalisme bagi para calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila," ujar Rima.

BACA JUGA: Penjelasan BPIP atas Kasus Kristianie Lumatalale: Calon Paskibraka Maluku yang Gagal Ikuti Verifikasi Pusat

BACA JUGA:DPR RI Dukung Penguatan BPIP: Bahas Penyelarasan UU, Mahkamah Pancasila, dan Dukungan Anggaran

Materi yang akan diberikan selama pemusatan pendidikan dan pelatihan meliputi pembelajaran aktif, pelatihan, dan pengasuhan.

Para calon Paskibraka akan mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan hingga 10 Agustus 2024 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat, sebelum mereka berangkat ke IKN.


Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Dilatih di Cibubur-Dok Disway-

Sebagai informasi, calon Paskibraka tingkat pusat telah melalui proses rekrutmen dan seleksi yang ketat. Mereka telah memulai sesi pembelajaran aktif di Pusdiklat Paskibraka 2024, Cibubur, sejak 12 Juli hingga 10 Agustus 2024.

Setelah memperoleh materi Pembinaan Ideologi Pancasila, para calon Paskibraka tingkat pusat juga mengikuti pembekalan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia.

Latihan dan pembekalan ini diharapkan dapat mempersiapkan mereka menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berkarakter Pancasila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: