BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka dan Buku Pendidikan Pancasila ke 38 Provinsi

BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka dan Buku Pendidikan Pancasila ke 38 Provinsi

BPIP serahkan buku pendidikan pancasila kepada 38 Kepala Daerah saat penyerahan bendera pusaka merah putih -Dok. BPIP-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Momentum bersejarah terulang kembali ketika Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada gubernur dari seluruh Indonesia pada Senin, 5 Agustus 2024.

Prosesi ini, yang terakhir kali dilaksanakan pada tahun 1969, menjadi kesempatan untuk memperkuat Pancasila di seluruh elemen bangsa.

Penyerahan duplikat bendera pusaka, beserta teks proklamasi, dilakukan sebagai persiapan untuk Upacara HUT RI Ke-79 dan diberikan kepada 38 Kepala Daerah di seluruh Indonesia.

Dilansir dari Disway.id (Disway National Network) Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, menjelaskan bahwa duplikat bendera pusaka diserahkan kepada 38 gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia.

Penyerahan itu merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

BACA JUGA: Penjelasan BPIP atas Kasus Kristianie Lumatalale: Calon Paskibraka Maluku yang Gagal Ikuti Verifikasi Pusat

BACA JUGA:DPR RI Dukung Penguatan BPIP: Bahas Penyelarasan UU, Mahkamah Pancasila, dan Dukungan Anggaran

"Menurut sejarahnya, ini baru terjadi lagi setelah 5 Agustus 1969, dan ini juga terkait dengan persiapan hari ulang tahun kemerdekaan di IKN," kata Yudian Wahyudi kepada media seusai acara di Balai Samudera, Jakarta Utara, pada Senin, 5 Agustus 2024.

Wakil Kepala BPIP, Rima Agristina, menjelaskan bahwa duplikat bendera pusaka dibuat sesuai dengan konsep aslinya. Salah satu cirinya adalah tidak adanya jahitan antara kain merah dan putih. Bendera juga dibuat dari bahan kain yang tidak mudah luntur.

"Kami juga menempatkan kode di setiap kemasan dan pengait bendera, sehingga dapat dilacak ke daerah mana saja bendera ini telah diberikan," ujar Rima.

Rima melanjutkan, sesuai arahan Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri, agar duplikat bendera pusaka ditempatkan di lokasi khusus.

"Kami berharap agar gubernur menempatkannya di lokasi khusus, dan para paskibraka akan menjaga semuanya, terutama untuk dikibarkan pada peringatan 17 Agustus 2024 dan pada 17 Agustus selanjutnya, serta pada peringatan hari lahirnya Pancasila setiap 1 Juni," jelas Rima.


Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri saat Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka Kepada Gubernur Seluruh Indonesia di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Senin, 5 Agustus 2024-disway.id/cahyono-

BPIP Serahkan Buku Pendidikan Pancasila

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: