Mulai 10 Agustus Trem Otonom Siap Uji Coba di IKN

Mulai 10 Agustus Trem Otonom Siap Uji Coba di IKN

Potret Trem Otonom (ART) di IKN dan Petugas Penguji Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan - Siap Uji Coba Dinamis Pada 10 Agustus 2024 Pada Rute Pendek-DJKA Kementerian Perhubungan-

HARIAN DISWAY - Trem Otonom (Autonomous Rail Transit - ART) telah siap diuji coba secara dinamis di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai 10 Agustus 2024 di rute pendek (loop kecil). Uji coba akan dilakukan hinggadua bulan ke depan.

Selama dua bulan akan dilakukan pengawasan untuk mengetahui lebih lanjut kelayakan operasi ART.

Hal ini disampaikan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kementerian Perhubungan Risal Wasal dalam Siaran Pers DJKA Nomor 14/SP/08/DJKA pada Selasa, 6 Agustus 2024 di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

BACA JUGA:Jadi Kawasan Unik, IKN Nusantara Bisa Hujan Sepanjang Tahun

BACA JUGA:BMKG Berhasil Halau Hujan di IKN Lewat Modifikasi Cuaca Selama 24 Jam Nonstop

Risal menyebut untuk mendukung uji coba ini, jajaran DJKA saat ini masih melakukan pengujian internal pada sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM) ART. Pengujian ini berlangsung hingga selambat-lambatnya pada 9 Agustus 2024 mendatang.

“Jika berjalan lancar, kami menargetkan dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024,” ujar Risal.


Petugas Penguji Jajaran Direktorat Jendera Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan Lakukan Pengujian Internal Trem Otonom - Pengujian Internal untuk menyiapkan Uji Coba Dinamis pada 10 Agustus 2024 mendatang-DJKA Kementerian Perhubungan

Risal menjelaskan rute pendek atau loop kecil terletak pada rute melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2, kemudian kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Uji coba ini, lanjut Risal, dilakukan dalam rangka mempersiapkan pengoperasian ART pada saat Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara.

BACA JUGA:Perumahan Bersubsidi Bakal Hadir di IKN, Terapkan Konsep Hunian Berimbang

BACA JUGA:Megawati-SBY Diundang Upacara Kemerdekaan Bareng Jokowi-Prabowo di IKN

Tahap lanjutan uji coba ART ini dilakukan evaluasi bersama DJKA dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), sebelum dipamerkan untuk umum pada 10 Oktober hingga 31 Desember 2024.

“Nanti, ART akan berhenti di delapan halte di sepanjang ruas utama Kawasan Pusat Pemerintah IKN, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti bus rapid transit (BRT),” ungkap Risal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siara pers djka