Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Profil 3 Desa dari Kota Probolinggo yang lolos seleksi APJW II 2024

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Profil 3 Desa dari Kota Probolinggo yang lolos seleksi APJW II 2024

Kegiatan pelatihan Linmas Kelurahan Kebonsari Kulon, Kota Probolinggo--

HARIAN DISWAY - Proses penyeleksian Anugerah Patriot Jawi Wetan II telah selesai dilaksanakan. Sebanyak 190 peserta yang dikirim dari 38 kabupaten/kota se-jatim, telah di seleksi menjadi 114 desa/kelurahan. Dari tiap kota/kabupaten diambil tiga desa dengan sinergitas bhabinkamtibmas,babinsa, dan kepala desa/kelurahan terbaik di kotanya.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Profil Tiga Desa Dari Kabupaten Gresik Yang LolosSeleksi

Tiga desa/kelurahan terpilih lolos seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan kali ini datang dari Kota Probolinggo. Kelurahan pertama dari Kota Probolinggo adalah Kelurahan Pilang. Kelurahan Pilang terletak di Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pemateri Workshop Membagi Materi

Dalam inovasi pembinaan teritorial, Kelurahan Pilang memiliki inovasi aplikasi Mangga Manis yang dapat diakses warga melalui smartphone oleh seluruh masyarakat yang memerlukan kehadiran, pertolongan, dan perlindungan dan pelayanan dari petugas kepolisian terkait situasi kamtibmas yang bekerja sama dengan Kepolisian Polresta probolinggo.

Kelurahan Pilang sangat memanfaatkan kemajuan teknologi. Selain aplikasi Mangga Manis, Kelurahan Pilang juga memiliki aplikasi lain seperti Aplikasi Portal Emas. Portal EMAS (Elektronik Monitoring dan Aplikasi Sistem) di Kota Probolinggo. Itu adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Probolinggo. Portal Emas merupakan aplikasi pemrosesan permohonan yang digunakan oleh kelurahan, kecamatan, dan dinas terkait secara realtime dan diakses secara online. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Tiga Desa dari Kabupaten Madiun Miliki UMKM Menarik

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa Lolos Seleksi dari Kabupaten Magetan

Kelurahan kedua yang lolos seleksi APJW II 2024 dari Kota Probolinggo adalah Kelurahan Kebonsari Kulon. kelurahan kebonsari Kulon terletak di Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Selain memiliki aplikasi Portal Emas yang dikembangkan oleh pemerintah Kota Probolinggo, Kelurahan Kebonsari Kulon juga berinovasi dengan SIAPP KAKA yang merupakan inovasi pelayanan kepada masyarakat terkait dengan informasi perizinan usaha dan pembuatan izin melalui aplikasi OSS RBA (Online Single Submission Risk Based Approach).

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II: 3 Desa Lolos Seleksi Dari Kabupaten Ponorogo

Desa/kelurahan ketiga yang lolos seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 dari Kota Probolinggo adalah Kelurahan Sumber Taman yang terletak di Kecamatan Wonoasih. Kelurahan Sumber Taman terkenal dengan UMKM pengrajin produksi tempe. Pengerajin tempe di Kelurahan Sumber Taman bisa mengolah kisaran 7 ton kacang kedelai per harinya. (*) 

*Artikel ini dirulis oleh Desi Nur Rachma Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Mahasiswa program magang reguler Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: