Jokowi Ungkap Capaian Pembangunan 10 Tahun: Jalan, Jembatan, Pelabuhan, hingga Bandara

Jokowi Ungkap Capaian Pembangunan 10 Tahun: Jalan, Jembatan, Pelabuhan, hingga Bandara

Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR 2024 menyampaikan permintaan maaf atas segala kekurangannya memimpin NKRI selama 10 tahun terakhir-TVR Parlemen-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaporkan hasil pembangunannya selama 10 tahun memimpin Indonesia.

Laporan tersebut disampaikan pada Pidato Kenegaraan Presiden Sidang Tahunan MPR 2024 di Gedung MPR RI, Jakarta Pusat, pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Jokowi telah membangun sepanjang 366 ribu kilometer (km) jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa dan 2.700 km jalan tol baru.

Selama 10 tahun itu pula, Jokowi juga telah membangun 6.000 ribu km jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan, dan 1,1 juta hektar jaringan irigasi baru.

BACA JUGA:Bamsoet Buka Sidang Tahunan MPR 2024, Berikut Tamu dan Agendanya!

Dengan pembangunan itu, kata Jokowi, bisa menurunkan biaya logistik dari sebelumnya 24% menjadi 14% pada 2023.

Jokowi juga memamerkan daya saing Indonesia yang terus meningkat dari peringkat 44 ke peringkat 27.

“Kita mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan,” tutur Jokowi.

BACA JUGA:Sidang Tahunan MPR 2024: Bamsoet Puji Pemerintahan Jokowi-Maruf Dalam Menyiapkan Cita-Cita Indonesia Emas 2024

Pencapaian Indonesia dalam masa pemerintahan Jokowi juga terlihat dari daya tahan nasional dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Menghadapi perubahan iklim, dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas,” tambah Jokowi.

Sebelumnya, agenda sidang tahunan kali ini akan membahas dua agenda besar. Yakni, laporan kinerja lembaga-lembaga negara oleh Presiden Jokowi Widodo dan Pidato Kenegaraan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Jokowi Minta Maaf di Sidang Tahunan MPR 2024: Kami Sudah Mengupayakan yang Terbaik

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2024, kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum,” ujar Bambang sembari mengetuk palu sidang sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: parlemen tv