PINS dan CHT INFINITY Hadirkan Smart Pole Pertama Kali di IKN

PINS dan CHT INFINITY Hadirkan Smart Pole Pertama Kali di IKN

Inilah smart pole atau tiang cerdas yang terpasang pertama kalinya di IKN yakni tepatnya Sumbu Barat Istana Presiden, pada Jumat, 16 Agustus 2024 lalu. Sebagai upaya startegis untuk mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). --website Telkom Indonesia

HARIAN DISWAY - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yakni PT PINS Indonesia (PINS) bersama PT CHT INFINITY Indonesia (CHT INFINITY) saling berkolaborasi membangun tiang cerdas (Smart Pole).

Ini merupakan tiang cerdas yang pertama di IKN yakni tepatnya Sumbu Barat Istana Presiden, pada Jumat, 16 Agustus 2024 lalu. Sebagai upaya startegis untuk mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

PINS dan CHT INFINITY mendirikan tiang pintar yang bisa disematkan berbagai fitur canggih. Meliputi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) pintar, video surveillance, weather monitor, mobile network 4G/5G, wifi hotspot, digital signage, hingga EV charging station.

Proses pemasangan berjalan sukses dan terencana sesuai yang ditargetkan yaitu sebelum Upacara HUT ke-79 RI yang diselenggarakan perdana di IKN. Smart Pole berfungsi sebagai Proof of Concept (PoC) untuk pembangunan Smart City di IKN. 

BACA JUGA: Sejumlah Tokoh 9 Naga Jadi Sorotan setelah Hadiri Upacara di IKN, Inilah Sosok Mereka!

Meskipun desain tiang terlihat minimalis, smart pole memiliki teknologi mutakhir yang dapat memberikan berbagai fitur canggih dengan teknologi Artificial Intelligence of Things (AIoT), sebuah infrastruktur yang menggabungkan teknologi Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan. 

Smart pole tidak hanya berfungsi sebagai penerangan jalanan yang efisien tapi juga berperan dalam meningkatkan keamanan lingkungan dan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

BACA JUGA: Seruan Aksi di Gedung DPR Menggema di Media Sosial

Roberto Surya Negara CEO PINS menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk nyata dan komitmen perusahaan untuk mendukung visi Indonesia menuju era digital dan keberlanjutan. 

“Dengan adanya smart pole, kami berharap dapat menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih cerdas, aman, dan ramah lingkungan. Teknologi ini tidak hanya berfungsi sebagai lampu jalan yang efisien," kata Roberto.
Pemasangan smart pole pertama di IKN oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yakni PT PINS Indonesia (PINS) bersama PT CHT INFINITY Indonesia (CHT INFINITY). --website Telkom Indonesia

"Tetapi juga sebagai pusat data dan komunikasi yang dapat memberikan informasi real-time, mendukung keamanan, dan memberikan layanan publik yang lebih baik bagi masyarakat di IKN,” lanjut Roberto dikutip melalui website Telkom Indonesia.

Selain itu, Chairman CHT INFINITY Group Sean Ishihara mengatakan, keberhasilan PoC ini semakin memperkuat kemitraan dengan PINS. Kesuksesan ini adalah kemajuan besar setelah ajang demonstrasi Smart Solution di Rumah Teknologi pada bulan Januari 2024 lalu.

BACA JUGA: Seruan Aksi di Gedung DPR Menggema di Media Sosial

Adanya kerja sama ini diharapkan dapat memperluas lanskap kolaborasi kedua perusahaan untuk  menghadirkan teknologi canggih dan solusi cerdas di Indonesia, seperti layanan Cloud, 5G Private Networks, Data Center, solusi keamanan siber, dan lain sebagainya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: website telkom indonesia