Uji Coba Kereta Otonom di IKN: Siap Digunakan, Bisa Tampung 300 Orang!

Uji Coba Kereta Otonom di IKN: Siap Digunakan, Bisa Tampung 300 Orang!

Uji coba Kereta Otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN), 11 Agustus 2024-PUPR-

HARIAN DISWAY - Pelaksana Tugas Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono langsung menyaksikan uji coba Kereta Otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN), 11 Agustus 2024. 

Uji coba itu berlangsung di Jalan Sumbu Kebangsaan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Kalimantan Timur.

Sebagai pejabat yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki memastikan bahwa kereta otonom itu siap digunakan untuk mengantar tamu undangan dan masyarakat dalam rangka peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di IKN.

Saat ini, sudah ada dua rangkaian kereta otonom yang siap beroperasi di IKN. Setiap rangkaian terdiri atas tiga gerbong, dengan kapasitas total mencapai 300 penumpang.

Bayangkan, satu gerbong saja mampu mengangkut 100 orang. Dengan kapasitas sebesar itu, kereta otonom menjadi pilihan transportasi massal yang sangat efisien dan ramah lingkungan di IKN, sejalan dengan konsep pembangunan IKN yang mengusung keberlanjutan.

BACA JUGA:Sejumlah Tokoh 9 Naga Jadi Sorotan setelah Hadiri Upacara di IKN, Inilah Sosok Mereka!

Keunggulan Kereta Otonom di IKN


Menhub Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan lintasan kereta otonom ART di IKN-Kemenhub-

Keunggulan kereta otonom di IKN tidak hanya terletak pada daya angkutnya saja. Kereta ini juga mampu melaju dengan kecepatan hingga 70 kilometer per jam, yang membuatnya semakin menarik.

Berbeda dengan kereta pada umumnya, kereta otonom di IKN tidak memerlukan rel konvensional. Sebagai gantinya, kereta itu beroperasi mengikuti marka khusus yang telah dipasang di jalanan IKN.

Teknologi pandu otomatis yang digunakan sangat canggih, memungkinkan kereta ini beroperasi tanpa pengemudi.

Namun, selama periode uji coba yang berlangsung dari Agustus hingga Desember 2024, kereta tersebut tetap dioperasikan oleh pengemudi.

Tujuannya adalah memastikan penyesuaian sistem kereta otonom dengan rute perjalanan di KIPP IKN berjalan dengan baik. Dengan begitu, di masa depan, kereta ini bisa benar-benar beroperasi tanpa perlu pengemudi.

BACA JUGA:Sebelum Beroperasi Penuh, Kereta Otonom IKN Akan Jalani Fase Proof Of Concept Selama Dua Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: