Paus Fransiskus Gunakan Mobil Pindad Maung Bikinan Indonesia, Ini Spesifikasinya!

Paus Fransiskus Gunakan Mobil Pindad Maung Bikinan Indonesia, Ini Spesifikasinya!

Penampakan kendaraan Paus Fransiskus saat berkunjung ke Indonesia, Pindad Maung dengan plat nomor SCV 1-Tangkapan layar X-

Popemobile yang digunakan Paus ini merupakan kendaraan dengan desain atap terbuka yang telah dimodifikasi, sehingga memungkinkan Paus Fransiskus untuk berdiri dan menyapa umat yang menyambutnya.

Meskipun begitu, hingga saat ini, belum ada konfirmasi apakah atap kendaraan tersebut antipeluru atau tidak.

Selain itu, bagian belakang popemobile juga dirancang terbuka, mirip dengan bak truk pikap, untuk memudahkan akses keluar masuk bagi Paus dan rombongannya selama berkeliling.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Buka Suara di KTT G7: Gali Risiko dan Keuntungan Kecerdasan Buatan (AI)

Spesifikasi Pindad Maung 


Pindad Maung adalah kendaraan kapasitas 1.900 cc-Pindad (Persero)-

Berbicara mengenai spesifikasi teknis Pindad Maung, kendaraan itu dirancang untuk mendukung operasi di medan berat dan memiliki kapasitas angkut hingga empat orang.

Dengan dimensi panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,8 meter, Maung dilengkapi mesin diesel berkapasitas 1.900 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 daya kuda.

Kecepatan maksimal yang dapat dicapai oleh Pindad Maung adalah 120 kilometer per jam, dengan jarak tempuh maksimum hingga 650 kilometer.

Sistem suspensi Maung juga sudah menggunakan teknologi mutakhir, yakni independent coil spring with gas shock absorber di bagian depan, serta rigid 5-link coil spring with gas shock absorber di bagian belakang.

Kendaraan itu diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal bagi Paus Fransiskus selama kunjungannya di Indonesia, yang pasti akan menjadi momen bersejarah dan bermakna bagi umat Katolik di tanah air. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber