KRI REM-311, Sukses Tuntaskan Misi ke Hawaii, Latihan Maritim Terakbar

KRI REM-311, Sukses Tuntaskan Misi ke Hawaii, Latihan Maritim Terakbar

Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo memberikan selamat dengan jabat tangan kepada anggota TNI AL, Minggu, 25 Agustus 2024.-Mohammad Nurwahyudi-

Catatan prestasi itu diukir oleh Kapal Republik Indonesia Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331). Mereka baru saja menuntaskan Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim of Pacific (Rimpac) 2024 di Oahu, Hawaii, Amerika Serikat. Sebuah ajang yang cukup bergengsi di jagat kemaritiman.

PAGI yang begitu cerah. Suasana gemuruh riuh terdengar jelas di sekitar Dermaga Madura, Ujung Koarmada II Surabaya. Saat itu, jam masih berada di pukul 08.00 WIB. 

Tampak ratusan prajurit berkerumun dan bercengkerama dengan sesama. Mereka mengenakan seragam loreng, perpaduan warna coklat, hitam, dan abu-abu. 

BACA JUGA:Siap Berlatih dan Bertempur, Danyonif 1 Marinir Buka Latihan Platoon Exchange 2024

BACA JUGA:Berangkat dari Jalan Pahlawan, Kirab

Para prajurit itu sedang menunggu kedatangan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331), yang baru saja melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim of Pacific (Rimpac) 2024 di Oahu, Hawaii, Amerika Serikat.

Tidak berselang lama, dari kejauhan terlihat samar-samar bayangan kapal. Benar saja, itu adalah KRI REM-331 yang sedang ditunggu-tunggu. Kapal lalu membunyikan klakson sebagai simbol kedatangan.


Suasana TNI AL sedang melakukan yel yel penyemangat, Minggu, 25 Agustus 2024.-Mohammad Nurwahyudi-

Dari kejauhan, tampak prajurit awak kapal KRI REM-331 sibuk menurunkan jangkar. Tepuk tangan meriah mengiringi kedatangan mereka yang silih berganti keluar dari dalam kapal.

Prajurit yang sedari tadi menunggu kedatangan KRI REM-331 langsung berbaris rapi di atas kapal. Sebab, langsung ada upacara penyambutan yang dipimpin Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo.

Dalam sambutannya, Laksda Ariantyo bersyukur karena prajurit yang dikirim telah berhasil menuntaskan tugasnya, serta kembali pulang ke tanah air dalam keadaan sehat.

“Pagi ini saya menyambut kalian dengan rasa penuh haru. Terima kasih karena kalian telah kembali dengan selamat. Selamat datang kembali di pangkalan, hari ini kalian resmi saya terima di Surabaya,” ucapnya.


Persiapan barisan kedatangan Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, Minggu, 25 Agustus 2024.-Mohammad Nurwahyudi-

Jenderal TNI-AL bintang dua tersebut mengatakan bahwa ada 183 prajurit yang dikirimkan untuk mengikuti Rimpac 2024 di Hawai. Mereka adalah 128 prajurit Jalasena, 7 prajurit Kopaska, 43 prajurit Marinir, dan 5 perwira staf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: