Berangkat dari Jalan Pahlawan, Kirab "Kota Surabaya Sebagai Navy City" Tandai Hadirnya TNI AL di Tengah-tengah Masyarakat

Berangkat dari Jalan Pahlawan, Kirab

Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, saat mberikan sambutan-Pace Morris- Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke-78, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) gelar Kirab Kota Surabaya, Minggu, 17 September 2023.

Titik start Kirab dengan tema "Kota Surabaya Sebagai Navy City" itu adalah Jalan Pahlawan, sisi Barat Monumen Tugu Pahlawan. Tepat di depan Kantor Gubernur Jawa Timur.


Pasukan penerjun dari Puspenerbal membawa bendera start yang akan diserahkan kepada Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono-Pace Morris- Harian Disway-

Dari pantauan Harian Disway, kirab itu diikuti oleh seluruh organisasi jajaran Kodiklatal. Diantaranya, Puspenerbal, Kodikmar, Puslatmar, dan beberapa sekolah menengah baik atas maupun kejuruan.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023: Bayar Pajak dengan Sampah di Pacitan, Medan Keras di Batuporo

Seremoni kirab dibuka dengan tarian kontemporer dari siswa SD Hang Tuah. Tarian tersebut diiringi dengan lagu Yamko Rambe Yamko, lagu tradisional asal Papua.

Kemudian ada pula Marching Band persembahan dari Gita Jaya Taruna. Marching band yang diikuti oleh Taruna Akademi Angkatan Laut itu, sekaligus menjadi pimpinan barisan kirab yang akan finish di depan Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo.

Sebelum iring-iringan kirab yang dikawal oleh Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) itu berangkat, masyarakat yang sedari pagi memadati jalan Pahlawan, disuguhi atraksi 10 penerjun payung dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal). 

BACA JUGA:LHKPN Pejabat Kota Pasuruan, Ini Harta Eselon II Terbesar

Usai pendaratan di kawasan Monumen Tugu Pahlawan, para penerjun payung menyerahkan bendera bercorak kotak-kotak hitam putih. Bendera tersebut kemudian diserahkan kepada Komandan Kodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono.

Sesaat kemudian, Dankodiklatal  yang didampingi PJU-nya serta Sekda Provinsi Jatim Adhy Karyono, mengangkat bendera start, tanda dimulainya kiran.

“Tujuan kirab ini adalah menghadirkan TNI Angkatan Laut di tengah-tengah masyarakat. Surabaya sebagai kota Angkatan Laut, karena di Surabaya ada pangkalan Angkatan Laut terbesar,” kata Suhartono dalam sambutannya di titik start kirab, depan Kantor Gubernur Jawa Timur.

Salah satu yang spesial pada kirab tahun ini adalah kirab diikuti dengan seluruh kekuatan TNI AL, temasuk pasukan maupun alusista. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: