Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Desa Sidobandung Dampingi Mahasiswa Tanam Pohon

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Desa Sidobandung Dampingi Mahasiswa Tanam Pohon

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Desa Sidobandung Dampingi Mahasiswa Tanam Pohon--

HARIAN DISWAY - Dalam semangat menjaga kelestarian lingkungan, tiga pilar Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro bahu-membahu dalam kegiatan pendampingan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) IKIP PGRI Bojonegoro. Puncak kegiatan ini adalah penanaman pohon massal di Wisata Air Bandung Bondowoso (BABO) pada Minggu, 18 Agustus 2024.

Tiga pilar yang terdiri dari Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa ini menilai penanaman pohon bukan hanya tugas mahasiswa. Tetapi juga kewajiban kita semua sebagai warga negara yang baik. Mereka juga berharap kegiatan ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi menjadi awal dari komitmen bersama untuk menjaga kelestarian Wisata BABO.

Selain itu, area yang ditanami pohon juga diharapkan bisa menjadi lebih hijau dan asri, sehingga dapat meningkatkan nilai estetika dan kenyamanan pengunjung Wisata BABO.

Kegiatan yang bertajuk "Hijaukan BABO" ini mengangkat tema inspiratif yaitu, "Tanam pohon dahulu, panen oksigen kemudian". Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya upaya proaktif dalam menjaga lingkungan hidup.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II: Tiga Desa/Kelurahan Terbaik dari Kabupaten Bojonegoro

Kepala Desa Sidobandung, Drs H Sukijan atau akrab disapa Mbah Jan menyambut antusias kegiatan ini. Sukijan menegaskan bahwa partisipasi seluruh elemen masyarakat, mulai dari perangkat desa hingga pemuda Karang Taruna dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sangat penting untuk menyukseskan program penghijauan ini. 

"Kami sangat antusias menyambut kegiatan penanaman pohon di wisata BABO ini dengan tidak lupa melibatkan unsur jajaran Pemerintah Desa Sidobandung beserta Karang Taruna dan BPD," jelas Mbah Jan ini.

Abdul Ghoni Asror, Ketua Panitia KKM IKIP PGRI Bojonegoro, turut memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini dan menyampaikan harapannya agar kegiatan ini memberikan dampak positif jangka panjang

"Penanaman pohon ini semoga memiliki manfaat jangka panjang, seperti mencegah erosi tanah dan meningkatkan kualitas udara,” ungkapnya.

Abdul juga berharap kegiatan ini bisa memperkokoh rasa kepedulian mahasiswa terhadap masalah lingkungan hidup. Tak lupa, Abdul juga menekankan bahwa pelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tim Seleksi Daerah Bojonegoro Sigap Bergerak

Sementara itu Aipda Arik Ec selaku petugas Bhabinkamtibmas mengatakan penanaman pohon ini memang seharusnya menjadi kewajiban semua pihak dalam melestarikan lingkungan sekitar. Tak hanya bagi mahasiswa, melainkan masyarakat juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: