Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Desa Durbuk Kampung Asri yang Peduli Lingkungan

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Desa Durbuk Kampung Asri yang Peduli Lingkungan

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Desa Durbuk Kampung ‘Asri’--

HARIAN DISWAY - Desa Durbuk terletak di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Desa itu dikenal dengan nama Kampung ‘Asri’. Singkatan dari: Aman, Bersih, dan Rindang.

Kampung Asri Desa Durbuk dibentuk dari gotong royong masyarakat yang selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Tak hanya itu, hobi masyarakat untuk menanam tanaman di pekarangan rumahnya juga menambah keasrian lingkungan.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pamekasan dengan Banyak Kejutan

Hal itu membuat Pemerintah Desa (Pemdes), khususnya tiga pilar Desa Durbuk, membentuk kader lingkungan untuk menjadi wadah serta mendukung kebiasaan tersebut. Kader lingkungan tersebut menginisiasi kegiatan Jumantik, kepanjangan dari Jumat cantik. 

Tim tersebut dipimpin oleh Mohammad Baidawi selaku Kepala Desa Durbuk. Ia didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Setiap hari tiga pilar bersinergi mengajak masyarakat membersihkan halaman di depan rumah masing-masing.


Tiga Pilar Desa Durbuk, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur--

Pemdes Durbuk juga berinisiatif memberikan alat kebersihan seperti sapu lidi untuk tiap rumah. Hal tersebut merupakan bentuk apresiasi serta kontribusi mereka kepada masyarakat yang selalu bersemangat untuk membuat Desa Durbuk selalu "Asri".

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : 3 Desa Penuh Inovasi Yang terpilih Dari Kabupaten Pamekasan.

Selain menanam banyak tanaman, baik pohon maupun bunga, di sepanjang jalan di Desa Durbuk terdapat beberapa inovasi Pemdes Durbuk bersama kader lingkungan untuk menambah ke-Asri-an lingkungan desa.

Mereka mengubah lahan kurang produktif milik desa menjadi sumur. Hal itu dilakukan karena letak desa tersebut cukup jauh dari sumber air. 

Maka dilakukanlah pengeboran sumur untuk mengatasi permasalahan tersebut. Air dari sumur itu digunakan untuk menyirami tanaman.

Dengan adanya sumur, penanaman berbagai macam sayur dan buah menjadi lebih mudah. Sayur-sayuran yang ditanami oleh masyarakat Desa Durbuk di antaranya tomat, terong, gambas, kacang panjang, cabe, mentimun. serta alpukat dan jeruk.

BACA JUGA:Pemprov Jatim Siap Dukung Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: