Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : 3 Desa Penuh Inovasi Yang terpilih Dari Kabupaten Pamekasan.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : 3 Desa Penuh Inovasi Yang terpilih Dari Kabupaten Pamekasan.

Home Industry perabotan rumah tangga di Desa Panempam.--

HARIAN DISWAY - Proses penyeleksian Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 sudah selesai dilaksanakan. Sebanyak 190 peserta yang dikirim dari 38 kabupaten/kota se-jatim, telah di seleksi menjadi 114 desa/kelurahan, dan dari tiap kota/kabupaten diambil tiga desa dengan sinergitas bhabinkamtibmas,babinsa dan kepala desa/kelurahan terbaik di kotanya.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Profil 3 Desa dari Kota Probolinggo yang lolos seleksi APJW II 2024

Semua desa menunjukkan sinergitas dan inovasi inovasi desa-nya yang beragam. Kali ini datang dari Kabupaten Pamekasan. Desa pertama yang lolos seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II adalah Desa Durbuk. Desa Durbuk terletak di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan Jawa Timur.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah Tiga Kelurahan Lolos dari Kota Kediri

BACA JUGA:27 Tahun Konsisten Perluas Pasar Ekspor di 5 Benua, PT Sun Paper Source Raih Prominent Award 2024

Wilayah Desa Durbuk sebanyak 75 persennya adalah persawahan yang membuat mayoritas penduduk  Desa Durbuk adalah petani, Selain bermata pencaharian sebagai petani, masyarakat Desa Durbuk juga memiliki UMKM lain seperti produksi keripik pisang, kerajinan gerabah, produksi tahu, dan budidaya ikan. Kesinergian tiga pilar desa dengan masyarakat membuat Desa Durbuk menyabet banyak penghargaan bergengsi. 

Desa/kelurahan kedua yang lolos seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Pamekasan adalah Desa Panempam. Tidak kalah dengan Desa Durbuk, Desa Panempam bersama tiga pilar melakukan pembinaan kepada masyarakat seperti, Mencetak bak sampah organik dan anorganik, daur ulang sampah menjadi barang bernilai, membina dan mengoptimalkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan menjahit dan berbagai macam lainnya.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Tiga Desa dari Kabupaten Madiun Miliki UMKM Menarik

Dalam aspek ketahanan pangan, Desa Panempam juga memiliki rumah hidroponik untuk menanam sayur organik dan home industri perabotan rumah tangga.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Magetan Pilah Lima Desa Andalan

Dan desa terakhir dari Kabupaten Pamekasan yang lolos seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan yang terakhir adalah Desa Murtajih. Desa Murtajih terletak di Kecamatan Pademawu. Desa Murtajih adalah salah satu desa yang mencanangkan desa iklim atau proklim. Semua itu dilakukan dengan kesadaran masyarakat didukung oleh pemerintah daerah dengan cara seperti, melakukan pengendalian kekeringan, peningkatan ketahanan pangan, pengolahan sampah, pengendalian penyakit dari berubahnya iklim, pencegahan kebakaran hutan. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Seleksi sudah menyaring Jadi 114 Desa/Kelurahan

Desa Murtajih memiliki sistem irigasi untuk mendukung ketahanan pangan. inovasi lainnya yang dilakukan oleh Desa Murtajih yaitu, mengubur sampah organik dan ditanami dengan pohon pisang agar dapat memaksimalkan potensi yang ada di desa. Selain itu Desa murtajih juga menerapkan pola tanam berselang dan tumpang sari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: