Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sudah Tersaring Jadi 114 Desa/Kelurahan

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sudah Tersaring Jadi 114 Desa/Kelurahan

Tim seleksi dipantau juri supervisi AKBP Saswito mengamati video kiriman peserta APJW II 2024, Senin, 5 Agustus 2024.-Noor Arief-

HARIAN DISWAY – Peserta Anugerah Patriot Jawi Wetan (APJW) II 2024 sudah terseleksi. Dari 190 peserta yang dikirim dari 38 kabupaten/kota se-jatim diseleksi lagi menjadi 114 desa/kelurahan. Dari tiap kota/kabupaten diambil tiga terbaik. Tiga desa/kelurahan dengan sinergitas bhabinkamtibmas, babinsa, dan kepala desa/kelurahan terbaik di kotanya.

Sebenarnya, semula akan ada 195 peserta awal. Ini karena semua tim seleksi daerah dibentuk berdasa jumlah polres/polresta/polrestabes jajaran Polda Jatim yang berjumlah 39. Tapi Polrestabes Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak bergabung menjadi satu. Ini karena dua jajaran Polda Jatim tersebut ada di wilayah Kota Surabaya. Polrestabes Surabaya mengirim tiga kelurahan terbaik sedang Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengirim dua kelurahan terbaik.

Selama penyeleksian, tim juri dengan supervisi dari Ditbinmas Polda Jatim beberapa kali harus berkomunikasi dengan tim seleksi daerah. Ini karena ada beberapa hal saat pengisian form kepesertaan yang kurang atau tidak sempurna. “Salah satu kendala adalah akses google drive yang disertakan masih terkunci. Kami tidak bisa melihat isi drive tersebut,” terang Taufiqurrahman, Rabu, 7 Agustus 2024.


Elsa Amalia dan Desi Nur Rachma membuka, melihat, dan membandingkan inovasi dari setiap peserta APJW II 2024, Senin, 5 Agustus 2024 di kantor Harian Disway..-Noor Arief-

Kendala lain adalah cara pengisian form yang salah. “Atau ada juga peserta yang mengisi lima desa/kelurahan dengan file yang sama,” papar Redaktur Harian Disway itu.

Untungnya, juri supervise dari Polda Jatim AKBP Saswito berperan aktif membantu kendala-kendala tersebut. Salah satunya adalah meminta kasat binmas jajaran untuk menyempurnakan file yang dikirim. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II : Inilah 3 Desa Lolos Seleksi dari Kabupaten Lamongan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Tiga Desa dari Kabupaten Madiun Miliki UMKM Menarik

Termasuk saat penyeleksian di hari terakhir, Selasa, 6 Agustus 2024. Saswito mendampingi penjurian hingga malam. Ini karena beberapa kota/kabupaten mengirim lima desa terbaik mereka di hari terakhir pengiriman. 

Dan inilah hasil penyeleksian tersebut. Tiga desa/kelurahan terbaik dari setiap kabupaten/kota di Jawa Timur. Mereka akan mengikuti workshop yang akan menghadirkan empat narasumber. Dari Bidhumas Polda Jatim, Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kominfo Jatim, dan Harian Disway. Rencananya, workshop akan digelar pada Rabu, 14 Agustus 2024.

1. Kabupaten Madiun

- Desa Sumberbening, Kecamatan Balerejo

- Desa Krandengan, Kecamatan Kebonsari 

- Desa Bacem, Kecamatan Kebonsari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: