Undian Liga Champions 2024/2025, Mengenal Format Fase Liga yang Revolusioner

Undian Liga Champions 2024/2025, Mengenal Format Fase Liga yang Revolusioner

UEFA Champions League musim ini memakai format baru yaitu League Phase atau Fase Liga--UEFA Champions League

HARIAN DISWAY - Undian Liga Champions UEFA 2024/2025 akan digelar, Kamis, 29 Agustus 2024, pukul 23.00 WIB di Monaco. 

Selain menentukan perjalanan klub-klub top Eropa di kompetisi ini, undian kali ini juga menandai penerapan format baru yang disebut “League Phase” atau “Fase Liga” yang menggantikan format penyisihan grup lama.

Dalam format baru ini, 36 tim akan berpartisipasi dalam satu liga besar. Setiap tim akan memainkan delapan pertandingan di fase liga, yang menggantikan sistem penyisihan grup. 

BACA JUGA:Fabio Capello: Inter Milan Unggulan di Liga Champions, Atalanta Kuda Hitam!


Drawing Liga Champions 2024/2025 akan dilaksanakan pada Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 23.00 WIB--New York Times

Berbeda dengan format sebelumnya, di mana tim-tim bermain melawan tiga lawan yang sama dalam dua leg (kandang dan tandang). Kali ini setiap tim akan menghadapi delapan lawan berbeda. Empat pertandingan akan dimainkan di kandang dan empat lainnya di tandang.

Untuk menentukan delapan lawan berbeda bagi setiap tim, UEFA akan membagi peserta ke dalam empat pot unggulan. Setiap tim kemudian akan diundi untuk menghadapi dua lawan dari setiap pot, dengan satu pertandingan dimainkan di kandang dan satu lagi tandang. 

Selain itu, seperti pada format grup sebelumnya, tidak ada dua tim dari negara yang sama yang akan saling berhadapan di fase liga. Setiap tim hanya akan bertemu delapan tim yang ditentukan melalui undian, bukan bertanding melawan semua peserta di liga

BACA JUGA:Terungkap! Ini Dia 11 Pemain Terbaik Liga Champions 2023-2024

Sistem ini diharapkan memberikan lebih banyak variasi dan tantangan bagi klub-klub yang berpartisipasi, serta menambah kuota bagi klub yang dapat ambil bagian dalam kompetisi ini.

Meskipun format kompetisi berubah, sistem perhitungan poin tetap sama. Setiap kemenangan akan dihargai dengan 3 poin, hasil imbang mendapatkan 1 poin, dan kekalahan tidak mendapatkan poin. Setelah semua pertandingan di fase liga selesai, tim-tim akan diperingkatkan berdasarkan jumlah poin yang diperoleh.

Delapan tim teratas akan otomatis lolos ke babak 16 besar. Tim peringkat 9 hingga 24 akan berhadapan dalam pertandingan dua leg untuk memperebutkan delapan tempat tersisa di babak gugur, sementara tim peringkat 25 hingga 36 harus mengakhiri perjalanan mereka di Liga Champions musim ini.

BACA JUGA:Rekor! Arda Guler Jadi Pemain Turki Pertama yang Juarai Liga Champions, Lewati 2 Seniornya, Siapa?

Mulai dari babak 16 besar hingga final, kompetisi akan kembali menggunakan format tradisional dengan sistem babak gugur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: uefa champions league