Tiga Pasangan Calon Berebut Jatim1

Tiga Pasangan Calon Berebut Jatim1

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak menandatangani surat pernyataan visi, misi dan program bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang disaksikan langsung oleh Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi.--

HARIAN DISWAY - Pilkada Jawa Timur berpotensi diisi  tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur. Sebab, beberapa nama baru muncul sebagai calon Jatim1 (sebutan untuk Gubernur Jatim). Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI Perjuangan tidak akan berkoalisi. Mereka akan mengajukan calon sendiri-sendiri.

PKB misalnya. Partai tersebut berencana mengusung Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim. Keduanya merupakan kader PKB. Luluk merupakan anggota DPR RI Dapil Jawa Tengah IV. Sementara Lukmanul adalah anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Dapil Jatim IX.

Sekretaris Jenderal PKB Hasanudin Wahid mengatakan, Luluk diusung sebagai bakal calon gubernur. Sedangkan Lukman menjadi bakal calon wakil gubernur. “Mereka akan mendaftar ke KPU di hari terakhir masa pendaftaran. Insya Allah, besok sore atau malam. Hari ini mempersiapkan semua persyaratannya,” katanya, di Jakarta, Rabu 28 Agustus 2024.

Sementara Lukmatul mengakui bahwa putusan pimpinan pusat partai itu sangat dadakan. Ia mendapat informasi itu Rabu dini hari. “Tadi malam DPP PKB rapat sampai jam 03.00 pagi untuk memutuskan berbagai Pilkada se-Indonesia. Ada beberapa daerah yang memang alot. Salah satunya Jatim,” kata Lukmanul.

BACA JUGA:Khofifah-Emil Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan Jasmani Hari Ini

BACA JUGA:Khofifah-Emil Lanjut Tahap Pemeriksaan Kesehatan, KPU Jatim: Belum Ada Paslon Lain

Rapat itu memutuskan dia dan Luluk diusung untuk Pilgub Jatim 2024. Karena waktunya sangat singkat, ia langsung menyiapkan semua kelengkapan berkasnya. Termasuk, pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani. Pemeriksaan itu dilakukan di RS Fatmawati Jakarta.

Sekitar pukul 13.00, keduanya mendatangi RS Fatmawati. Mereka melaksanakan medical check-up di Gedung Bougenville rumah sakit tersebut. Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan sebagai salah satu persyaratan mendaftar sebagai Cagub-Cawagub. Terlihat Luluk dan Lukmanul kompak menggunakan piyama.


Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak menaiki ul daul saat mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub Jatim 2024 di Kantor KPU Jatim, Surabaya, Rabu, 28 Agustus 2024.--

Sementara, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sudah resmi mendaftar ke KPU Jatim. Pimpinan dari 15 partai politik pun mendampingi pasangan tersebut ke kantor KPU Jatim dari rumah Khofifah, di kawasan Jemursari, Surabaya. Dari tempat itu, rombongan menunggangi motor listrik.

Sampai di Jalan Jemursari ke arah Raya Kendangsari, pasangan itu turun dari motor listrik. Di sana, rombongan Khofifah-Emil sudah disambut relawan dengan menggunakan baju adat dari berbagai daerah. Ada juga penampilan barongsai.

Mereka langsung menaiki Ul Daul milik Ghung Seppo. Pasangan itu didampingi ketiga anak Khofifah: Jalaluddin Mannagali, Yusuf Mannagali, dan Ali Mannagali. Juga istri Emil: Arumi Bachsin. Arak-arakan itu dilakukan sampai di depan kantor KPU Jatim. 

Setibanya di sana, mereka pun langsung mengisi buku tamu. Lalu mereka langsung menaiki lantai dua kantor KPU Jatim dan mendaftar. Yang menyambut komisioner KPU Jatim yang dipimpin Aang Kunaifi. 

BACA JUGA:Risma-Gus Han Daftar ke KPU: Pasangan Resik-Resik untuk Jatim Bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: