Kunjungi Akmil Magelang, Kadet Australia Terkesan Dengan Disiplin dan Ketekunan Taruna Indonesia

Kunjungi Akmil Magelang, Kadet Australia Terkesan Dengan Disiplin dan Ketekunan Taruna Indonesia

Para Taruna Akmil TNI Magelang berbaris dalam inspeksi pasukan dalam rangka kunjungan Menhan RI Prabowo Subianto dan Wakil PM Australia Richard Marles MP-Kemnhan RI/TIm Prabowo -

MAGELANG, HARIAN DISWAY - Para taruna Australia dari Royal Military College-Duntroon (RMC-D) mengunjungi Akademi Militer (Akmil) MAGELANG pada Kamis, 29 Agustus 2024. 

Kunjungan tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles atas undangan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk menandatangani peningkatan kesepakatan kerja sama pertahanan (DCA) RI-Australia.

Para kadet Akademi Militer RMC-D mengaku terkesan dengan sikap disiplin dan kerja keras yang dimiliki oleh para taruna Indonesia

"Hal terpenting yang saya dapatkan adalah para taruna Indonesia di Akmil memiliki sikap kerja keras dan disiplin," kata salah satu taruna Australia, Maxwell Jon Kiernan di Akmil, Magelang. 

BACA JUGA:Prabowo dan Wakil PM-Menhan Australia Teken Kesepakatan Kerja Sama Pertahanan di Akmil Magelang

Kesan serupa juga disampaikan oleh Lola Kathleen May Charles, taruna  di RMC-D. Menurutnya, ketekunan para taruna Indonesia dalam berlatih dan belajar sangat menginspirasi.

"Saya rasa waktu dan ketekunan yang mereka curahkan untuk berlatih telah benar-benar menginspirasi, jadi saya harap saya dapat membawa (sifat tekun,Red) itu pulang dan bekerja lebih keras," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kapten Damon Radford selaku perwira pertukaran yang mendampingi, menjelaskan bahwa terdapat sepuluh taruna Australia yang berpartisipasi dalam program kunjungan ke Akmil. 


Presiden terpilih Prabowo Subianto melakukan inspeksi defile pasukan menaiki Rantis Maung di Akademi TNI Magelang, Jawa Tengah-Kemhan RI-

Selama sembilan hari, berbagai kegiatan telah mereka lakukan bersama taruna Indonesia, termasuk mengikuti bimsus (bimbingan dan pengasuhan) dan kelas Bahasa Inggris.

BACA JUGA:Prabowo Soal Penandatanganan Kerjasama Pertahanan Dengan Australia: Ini Bukan Pakta Militer, Indonesia Tetap Non-Blok

Selain itu, bersama taruna Indonesia, mereka juga telah mengunjungi beberapa ikon budaya seperti Candi Borobudur dan Prambanan, serta berkeliling kota sekitar yakni Yogyakarta dan Semarang. Mereka akan kembali ke Australia besok.

"Mereka sudah ikut beberapa kegiatan bersama taruna seperti bimsus setelah kelas atau ikut ke kelas masing-masing seperti pelajaran Bahasa Inggris," ujar Radford.

Menurutnya, kunjungan taruna atau Foreign Academy Exchange Program (FAEP)  juga merupakan momen yang mampu mendorong kerja sama antara kedua negara. Adapun, Prabowo Subianto menjadi salah satu tokoh yang pertama kali berpartisipasi dalam FAEP ke Royal Military College-Duntroon pada 1974.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: