Hari Palang Merah Indonesia: Sejarah, Makna Peringatannya dan Tugas PMI

Hari Palang Merah Indonesia: Sejarah, Makna Peringatannya dan Tugas PMI

Hari Palang Merah Indonesia: sejarah, makna peringatannya dan tugas PMI. --Palang Merah Indonesia

BACA JUGA: Kemendag: Barang Impor Milik PMI Tak Dibatasi Lagi

3. Donor Darah

Mengorganisir kegiatan donor darah di seluruh Indonesia menjadi salah satu tugas utama PMI. Mereka mengelola bank darah untuk memenuhi kebutuhan pasien di rumah sakit dan gawat darurat di berbagai daerah. PMI juga gencar mengedukasi masyarakat tentang pentingnya donor darah secara sukarela.

4. Pendidikan dan Pelatihan

PMI memberikan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana, pertolongan pertama, dan kesehatan di masyarakat. Mereka juga melatih relawan agar siap dan terampil dalam menjalankan berbagai tugas kemanusiaan, mulai dari penanganan bencana hingga pelayanan medis.

BACA JUGA: KJRI Kuching Bantu Pulangkan 9 WNI/PMI Terlantar di Sarawak

5. Pelayanan Sosial

Di samping tanggap darurat, PMI melaksanakan berbagai program pelayanan sosial, seperti penyediaan air bersih, perbaikan sanitasi, bantuan ekonomi, dan rehabilitasi pascabencana. Mereka juga memberikan perhatian khusus pada kelompok rentan, termasuk lansia, anak-anak, dan penyandang disabilitas.

6. Pembinaan Relawan

PMI bertugas merekrut, melatih, dan memobilisasi relawan untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan. Relawan PMI dibekali berbagai keterampilan, seperti pertolongan pertama, tanggap darurat, manajemen logistik, dan komunikasi, untuk memastikan kesiapan mereka dalam membantu masyarakat.

BACA JUGA:Pimpin Upacara HUT PMI ke-78, Wawali Pasuruan Berpesan Agar Peran PMI Harus Bisa Dirasakan Masyarakat

7. Pemulihan Hubungan Keluarga

PMI membantu orang-orang yang terpisah dari keluarga akibat bencana atau konflik untuk terhubung kembali. Mereka menyediakan layanan pencarian, komunikasi, dan penyampaian informasi bagi mereka yang terpisah.

8. Promosi Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional

PMI berperan dalam mengedukasi masyarakat dan berbagai pihak tentang prinsip-prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, seperti kemanusiaan, netralitas, kesukarelaan, dan kesatuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: