Progres Pembangunan IKN Melampaui Target, Infrastruktur Dasar Hampir Selesai

Progres Pembangunan IKN Melampaui Target, Infrastruktur Dasar Hampir Selesai

Progres Positif Pembangunan IKN, PUPR: Lampaui Target Awal!-PUPR-

HARIAN DISWAY - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus menunjukkan perkembangan yang sangat positif, Selasa, 3 September 2024. Berdasarkan laporan terbaru dari Otorita IKN, infrastruktur dasar tahap pertama telah mencapai 92 persen, sementara tahap kedua mencapai 57 persen, dan tahap ketiga mencapai 15 persen.

Pencapaian itu tidak hanya sesuai dengan target yang ditetapkan, tetapi juga menunjukkan bahwa proyek infrastruktur yang dikelola oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berjalan dengan baik.

Beragam proyek, termasuk Jalan Tol, Jaringan Pipa Transmisi Air Minum, Apartemen atau Rusun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Hunian untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan TNI, serta beberapa Kompleks Kantor Kementerian, dipastikan akan selesai tahun ini.

Menteri PUPR sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, menegaskan bahwa pembangunan IKN terus berlanjut setelah peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Gelar Pembinaan untuk Pekerja Konstruksi IKN, Wajib Penuhi Standard!

BACA JUGA:Uji Coba Kereta Otonom di IKN: Siap Digunakan, Bisa Tampung 300 Orang!

"Sesuai dengan komitmen Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, pemerintah akan terus membangun IKN hingga tuntas. IKN adalah simbol kota yang akan menjadi pusat pembangunan Indonesia yang bersifat Indonesia sentris, bukan Jawa sentris," ujar Basuki.

Beberapa proyek infrastruktur dasar yang hampir selesai diantaranya adalah Jalan Tol IKN 5A Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang (91,5 persen), Jalan Tol IKN 3A Segmen Karangjoang-KKT Kariangau (83,3 persen), Jalan Tol IKN 3B Segmen KKT Kariangau-SP Tempadung (96,4 persen), serta Pembangunan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM Sepaku Paket 2 yang telah mencapai 98,9 persen.

Selain itu, pembangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator 1 sudah mencapai 87,1 persen, Kementerian Koordinator 3 mencapai 89,2 persen, dan Kementerian Koordinator 4 dengan 93,5 persen juga dipastikan selesai tahun ini.

Basuki optimis bahwa banyak proyek infrastruktur dasar akan selesai tahun ini, mengingat progres yang telah melampaui target dan rencana awal.

BACA JUGA:Sejumlah Tokoh 9 Naga Jadi Sorotan setelah Hadiri Upacara di IKN, Inilah Sosok Mereka!

BACA JUGA:IKN Masih Sepi Investor, Kemenkeu Ingatkan Keseimbangan APBN

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, juga menegaskan bahwa progres pembangunan IKN sangat memuaskan.

Salah satu prioritas yang dikejar adalah pembangunan rusun untuk ASN. Saat ini, sudah ada 12 rusun yang siap huni, dan jumlah ini akan terus bertambah hingga mencapai 21 tower pada September-Oktober, dan 47 tower pada November-Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: