Daftar Nominasi Ballon d’Or 2024: Real Madrid Mendominasi, Toni Kroos Bilang Begini

Daftar Nominasi Ballon d’Or 2024: Real Madrid Mendominasi, Toni Kroos Bilang Begini

Ballon d'Or 2024 penuh kejutan dengan absennya dua megabintang dan dominasi penuh dari pemain Real Madrid--BBC

HARIAN DISWAY - Ada kejutan besar dalam daftar 30 nominee Ballon d'Or 2024 yang diumumkan France Football pada Rabu malam, 4 September 2024 (Kamis dini hari WIB).

Dua megabintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, tidak masuk nominasi. Untuk kali pertama sejak 2003, nama mereka tidak muncul dalam daftar nominasi penghargaan bergengsi tersebut. Menandai era baru dalam dunia sepak bola.

Padahal, dua sosok yang sering disebut Greatest of All Times (GOAT) di dunia sepak bola modern itu belum habis. Lionel Messi baru saja mengantar Argentina menjuarai Copa America 2024. Ia sekaligus pemegang rekor Ballon d’Or terbanyak dengan delapan gelar.

Sedangkan sang rival, Cristiano Ronaldo, memang hanya mampu membawa Portugal ke perempat final Euro 2024. Namun, pemenang lima Ballon d'Or dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa itu masih menggendong Al Nassr di Liga Pro Saudi.

BACA JUGA:Dani Carvajal Kawinkan Gelar UCL dan Euro: Mungkinkah Defender Kembali Raih Ballon d'Or?

BACA JUGA:Kapan Ballon d'Or 2024 Diumumkan? Menanti Penerus Messi-Ronaldo!

Absennya mereka dari liga sepak bola Eropa ditengarai memengaruhi absennya kedua nama megabintang dari daftar calon penerima Ballon d'Or tahun ini.


Lione Messi dan Cristiano Ronaldo tidak masuk dalam list daftar nominasi Ballon d'Or 2024--Independent

Real Madrid Paling Mendominasi

Real Madrid yang sukses menjadi juara Liga Champions 2024 menjadi klub dengan penyumbang nomine terbanyak.

Tak kurang-kurang, tujuh pemain Los Blancos (sebutan Real Madrid) masuk dalam daftar. Termasuk bintang baru mereka, Kylian Mbappe, yang baru saja bergabung dari Paris Saint-Germain (PSG).

Jude Bellingham, Federico Valverde, Antonio Rudiger, Toni Kroos, Vinicius Junior, dan Dani Carvajal masuk nominasi. Carvajal menambah bekal dengan menjuarai Euro 2024 bersama Timnas Spanyol.

Sejauh ini, Vinicius disebut-sebut sebagai kandidat terkuat. Karena kontribusinya terhadap Real Madrid musim lalu memang sangat nyata. Ia tampil dalam 39 pertandingan Real di semua ajang, dan mencetak 24 gol. Hasilnya adalah dua trofi, La Liga dan Liga Champions.

BACA JUGA:Ronaldo Setuju Mbappe ke Real Madrid, Jaminan Ballon d'Or?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: france football