Pengembangan YZR-M1, Yamaha Uji Sasis dan Mesin Baru di Misano

Pengembangan YZR-M1, Yamaha Uji Sasis dan Mesin Baru di Misano

Alex Rins (42), saat tes resmi MotoGP di sirkuit Misano (9/9) kemarin--Twitter Alex Rins @Rins42

HARIAN DISWAY - Tim Monster Energy Yamaha MotoGP hadir di Misano untuk mengikuti satu hari Tes Resmi MotoGP 2024, Senin 9 September 2024. Mereka membawa berbagai perangkat pengembangan, termasuk sasis baru, mesin baru, dan perangkat elektronik pendukung lainnya untuk motor  YZR-M1.

Dalam tes ini, Yamaha tak melibatkan test rider mereka, Cal Crutchlow, yang masih belum pulih sepenuhnya.

Namun, mantan pembalap Andrea Dovizioso, yang beberapa minggu sebelumnya terlibat sebagai test rider untuk YZR-M1, tampak hadir di paddock untuk mendampingi kru dan membantu persiapan motor bagi Fabio Quartararo dan Álex Rins.

Peran Quartararo dan Rins sangat penting dalam pengumpulan data. Keduanya menjalani dua sesi latihan—Sesi 1 dari pukul 09:00 hingga 12:45 dan Sesi 2 dari pukul 14:35 hingga 18:00—untuk membandingkan berbagai komponen yang diuji.

Quartararo menyatakan puas dengan hasil tes. “Kami mencoba beberapa set-up baru dan mesin prototipe 2025. Saya rasa kami berada di jalur yang tepat dengan sasis baru ini. Semoga bisa meningkatkan grip dan performa mesin sebelum musim berakhir, agar bisa lebih kompetitif,” ujarnya.

BACA JUGA:Hasil Tes Resmi MotoGP di Misano: Prototipe 2025 Belum Sepenuhnya Turun ke Lintasan

BACA JUGA:Marc Marquez dan Catatannya di MotoGP, Menuju Rekor Baru!

“Saya mencoba mesin baru yang pertama kali saya gunakan di GP Aragón, dan hasilnya positif. Waktu putaran saya terus meningkat, dan saya mulai terbiasa dengan motor ini,” ucap Rins.

Gambaran Motor Prototipe Moto GP 2025

Data yang mereka kumpulkan akan digunakan untuk persiapan sisa musim 2024, sekaligus memberikan gambaran awal untuk motor prototipe 2025.

Quartararo dan Rins menyelesaikan tes dengan hasil berbeda. Quartararo menempati posisi ke-5, sementara Rins berada di urutan ke-16 dari hasil gabungan dua sesi tersebut.

Quartararo menjalani 38 lap di pagi hari dan 35 lap di sore hari, menguji sasis baru, mesin prototipe 2025, serta beberapa perangkat elektronik baru.

Waktu terbaiknya, 1 menit 31,063 detik, dicatatkan pada putaran terakhirnya, membuatnya hanya 0,444 detik di belakang Pecco Bagnaia yang berada di posisi pertama.

Rins juga mencoba mesin prototipe 2025 yang pernah ia gunakan sebelumnya di GP Aragón. Ia merasa ada peningkatan signifikan, terutama pada sasis baru yang digunakan di GP San Marino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: