Buka PON XXI 2024, Presiden Jokowi Minta Pegang Teguh Sportivitas dan Fair Play

Buka PON XXI 2024, Presiden Jokowi Minta Pegang Teguh Sportivitas dan Fair Play

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin, 9 September 2024. --Puspen Kemendagri

BANDA ACEH, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin, 9 September 2024.

Peresmian ini menandai dimulainya ajang olahraga terbesar di Indonesia yang diikuti ribuan atlet dari seluruh provinsi. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan ajakannya kepada seluruh atlet dan masyarakat.

"Saya titip betul, pegang teguh sportivitas dan fair play," ujar presiden di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh. Presiden menekankan pentingnya ajang PON sebagai wadah untuk memupuk kebersamaan dan prestasi bangsa.

BACA JUGA: Menuju PON XXI, Jokowi Resmikan Rehabilitasi dan Renovasi Sejumlah Venue PON di Aceh

Presiden mengatakan, PON XXI bukan sekadar kompetisi olahraga, melainkan juga ajang penting untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

"PON ini adalah ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet-atlet terbaik bangsa, melahirkan lebih banyak pemecah rekor dunia, melahirkan lebih banyak calon peraih medali emas di Asian Games, di Sea Games, dan bahkan di Olimpiade," ujarnya.

Jokowi menegaskan bahwa nilai persatuan dan persaudaraan yang diusung dalam PON tidak boleh diabaikan. Jokowi pun mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan PON XXI dengan semangat kebersamaan, sportivitas, dan kegembiraan.

BACA JUGA: Tinjau Persiapan Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, Menpora Pastikan Seremoni Siap Digelar

"Mari kita semua merayakan Pekan Olahraga Nasional ini dengan semangat kebersamaan, dengan semangat sportivitas dan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri," tuturnya.

Untuk diketahui, PON XXI 2024 berlangsung hingga 20 September 2024 mendatang. Ajang nasional ini mempertemukan atlet-atlet terbaik dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga dan memperebutkan prestasi tertinggi.

Sebelum meresmikan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Stadion Harapan Bangsa sekitar pukul 19.30 WIB. Kehadiran keduanya disambut dengan antusias oleh para penonton yang telah memadati stadion.

BACA JUGA: Sukseskan PON XXI, Pj Gubernur Aceh Ikuti Saran Mendagri untuk Posisikan Media Massa sebagai Dukungan Penting

Acara pun dimulai dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh penyanyi Tiara Andini, disusul dengan Hymne Aceh dan Mars PON yang semakin menggelorakan semangat kebangsaan dan sportivitas. Lalu pembacaan Al-Qur’an Surah Ali Imran ayat 133-134.

Dilakukan oleh Muhammad Ahsin yang merupakan Juara 2 Qori Cabang Tilawah pada MTQ Internasional di Aljazair tahun 2022. Selanjutnya persembahan tarian Aceh Seumapa yang memukau dengan gerakan enerjik dan penuh makna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: