Sukseskan PON XXI, Pj Gubernur Aceh Ikuti Saran Mendagri untuk Posisikan Media Massa sebagai Dukungan Penting

Sukseskan PON XXI, Pj Gubernur Aceh Ikuti Saran Mendagri untuk Posisikan Media Massa sebagai Dukungan Penting

Pj Gubernur Aceh tangah menjelaskan bahwa pimpinan atau mendagri telah memberikan prioritas kerja utama kepada dirinya yaitu menyukseskan PON serta Pilkada. Safrizal menegaskan bahwa kunci sukses itu adalah dengan membangun chemistry dengan media massa. --Puspen Kemendagri

BANDA ACEH, HARIAN DISWAY - Meskipun hanya menjabat sebentar sebagai penjabat (pj) gubernur Aceh, Dr. H. Safrizal ZA, M.Si tetap berupaya menyukseskan perhelatan tingat nasional yakni PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Ia mengatakan, pimpinan atau mendagri telah memberikan prioritas kerja utama kepada dirinya yaitu menyukseskan PON serta Pilkada. Safrizal menegaskan bahwa kunci sukses itu adalah dengan membangun chemistry dengan media massa.

Sebagai pimpinan pejabat pemerintahan di Aceh, ia sadar akan sering berjumpa dengan awak media massa dalam setiap kegiatan. Menurutnya, pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri dan sangat membutuhkan dukungan serta kritik dari media massa.

BACA JUGA: PON XXI Aceh-Sumut 2024 Besok Dibuka Jokowi, Kaus Berlogo Resmi Banyak Dicari Pembeli

"Saya tidak akan mengarahkan Anda untuk menulis apa. Pesan pimpinan saya adalah agar media massa bekerja dengan nyaman. Lebih baik berkawan dengan semua pihak. Saya sendiri berusaha memberikan yang terbaik, meskipun masa tugas saya hanya sebentar," katanya.

Jika dua hal itu tuntas, ia akan mencoba ikut dalam penyusunan dokumen perencanaan daerah untuk masa depan. "Dalam empat bulan, saya berusaha menyelesaikan masalah yang belum tuntas dan mempersiapkan perencanaan untuk tahun depan," katanya. 

"Karena itu semua tenaga kita akan dicurahkan untuk kesuksesan opening ceremony PON higga selama event itu berlangsung," lanjutnya saat menjamu awak media dalam coffee morning di Restoran Pendopo Gubernur Aceh, Kamis, 5 September 2024.

BACA JUGA: Naiknya Jumlah Wisatawan ke Museum Tsunami Aceh Jelang PON XXI Tingkatkan Pemahaman tentang Mitigasi Bencana

Media massa yang hadir menyambut baik pernyataan Pj Gubernur tersebut. Ada kritikan berupa layanan kepanitiaan PON yang belum ramah terhadap kinerja wartawan. Selain menyampaikan permohonan maaf, ia akan menindaklanjuti semua keluhan itu.

Dijelasakannya, sebagai pj gubenur, ia berupaya menjalankan saran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang menekankan pentingnya peran media massa dalam menyemarakkan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Hal itu sebagaimana Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Aang Witarsa Rofik yang menjelaskan bahwa media massa berperan sebagai jembatan informasi antara penyelenggara, atlet, dan masyarakat.

BACA JUGA: Kirab Obor Api PON XXI 2024 Berakhir di Banda Aceh Siap Sambut Pembukaan

Media dapat membantu mempromosikan dan mengenalkan kekayaan seni, budaya, kearifan lokal dan potensi wisata di daerah penyelenggara PON XXI. Secara tidak langsung itu membantu meningkatkan promosi daerah di kancah nasional dan internasional.

“Yang kita harapkan kita sama-sama bersinergi dan berkolaborasi antara panitia, teman-teman media. Tidak hanya menjadi ajang kesuksesan olahraga dalam konteks prestasi, tetapi mempererat persatuan dan kebanggaan nasional,” ujar Aang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: