Buka PON XXI 2024, Presiden Jokowi Minta Pegang Teguh Sportivitas dan Fair Play

Buka PON XXI 2024, Presiden Jokowi Minta Pegang Teguh Sportivitas dan Fair Play

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin, 9 September 2024. --Puspen Kemendagri

Tak ketinggalan, theme song PON XXI turut diputar untuk menambah semangat para peserta dan penonton. Selanjutnya, defile kontingen PON XXI yang diikuti oleh perwakilan para atlet dan ofisial dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA: PON XXI Aceh-Sumut 2024 Besok Dibuka Jokowi, Kaus Berlogo Resmi Banyak Dicari Pembeli

Dimulai dari para wasit dan ditutup oleh para atlet dari tuan rumah Provinsi Sumatera Utara dan Aceh. Pada momen yang penuh khidmat, bendera Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dikibarkan diiringi dengan Hymne PON.

Acara disusul dengan pembacaan janji atlet yang dipercayakan kepada peraih emas cabang panjat tebing Olimpiade Paris 2024, Veddriq Leonardo. Setelah itu disusul janji wasit oleh wasit cabang olahraga menembak, K.S. Hendry Oka.

Ditayangkan pula video bertajuk "The Light of Aceh," yang menampilkan keindahan dan kekayaan budaya Aceh. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras menyukseskan PON XXI.

BACA JUGA: Naiknya Jumlah Wisatawan ke Museum Tsunami Aceh Jelang PON XXI Tingkatkan Pemahaman tentang Mitigasi Bencana

"Malam ini saya juga ingin menyampaikan terima kasih (teurimong gaséh) untuk pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah pembukaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara pada malam hari ini," ujarmya.

Prosesi penyalaan kaldron api PON XXI Tahun 2024 dan sejumlah pertunjukan kesenian serta pertunjukan kembang api yang menghiasi langit Banda Aceh menjadi penutup acara peresmian pembukaan PON kali ini.

Turut hadir mendampingi presiden, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy beserta istri, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, dan Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

BACA JUGA: Kirab Obor Api PON XXI 2024 Berakhir di Banda Aceh Siap Sambut Pembukaan

Ada Penjabat (Pj.) Gubernur Aceh Safrizal ZA beserta istri, dan Pj. Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni. Tampak hadir pula sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan para pimpinan lembaga tinggi negara. (Puspen Kemendagri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: