Indonesia vs Australia, Ternyata Garuda Pernah Menang 8-0 Lawan QCSA!

Indonesia vs Australia, Ternyata Garuda Pernah Menang 8-0 Lawan QCSA!

Timnas Indonesia kala berhadapan dengan tim lokal Australia pada 2012-Instagram @strootsy-

HARIAN DISWAY - Menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia vs Australia, ternyata Garuda pernah melibas Australia pada 2012. Tapi, bukan Timnas Australia yang dilawan Indonesia, melainkan Queensland Christian Soccer Association (QCSA).

Timnas Indonesia mencatatkan kemenangan besar 8-0 atas tim asal Australia di Queensland. Mungkin di atas kertas hasil itu terlihat sangat meyakinkan. 

Namun, kalau kita melihat lebih dalam, ternyata ada cerita menarik dan unik di balik pertandingan tersebut.

Saat itu, sepak bola Indonesia sedang mengalami era dualisme, di mana ada dua versi tim nasional yang aktif.

Satu tim berafiliasi dengan ISL (Indonesia Super League) di bawah kepengurusan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) yang dipimpin La Nyalla Mattalitti.

Lalu, ada satu lagi adalah tim nasional yang diakui PSSI dan berafiliasi dengan liga IPL (Indonesia Premier League).

Dalam situasi yang penuh konflik, itu tim yang mengalahkan 'Australia' dengan skor 8-0 adalah timnas versi ISL, yang kala itu dilatih oleh Alfred Riedl.

BACA JUGA:Pelatih Australia Akui Perkembangan Timnas Indonesia: Garuda Lawan Berat!

Timnas Indonesia Libas Tim Lokal Australia


Timnas Indonesia pernah melibas tim Australia, QCSA, 8-0 pada 2012 -X @QCSA-

Ada cerita unik di balik uji coba itu. Lawan tim yang dikalahkan oleh Firman Utina cs bukanlah Timnas Australia yang sebenarnya. Lawan mereka adalah tim dari Queensland Christian Soccer Association (QCSA). 

QCSA adalah sebuah komunitas sepak bola rohani yang berfokus pada nilai-nilai positif dan partisipasi sosial. Tim QCSA bukan tim profesional, melainkan tim pemuda gereja yang aktif dalam lingkungan sepak bola komunitas.

Lebih menarik lagi, ajakan uji coba ini datang secara mendadak. Tim QCSA hanya memiliki waktu satu hari untuk mempersiapkan skuad mereka sebelum pertandingan.

Dengan waktu yang sangat terbatas, tanpa latihan atau persiapan yang memadai, mereka harus berhadapan dengan timnas Indonesia yang saat itu diperkuat oleh para pemain profesional. Jadi, tidak heran jika skor akhirnya sangat telak dengan kemenangan 8-0 untuk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber