Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Desa Trojalu Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XXI Tahun 2024

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Desa Trojalu Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XXI Tahun 2024

Desa Trojalu secara resmi memulai Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI Tahun 2024 pada 12 Mei 2024, di Dusun Karangturi. --

"Kita ingin agar semangat gotong royong ini tidak hanya hidup pada momen-momen tertentu seperti sekarang, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup kita. Dengan begitu, kita bisa menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan harmonis," tambah Ikhwan Fauzi.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Semarak Karnaval Kemerdekaan RW 05 Kelurahan Kebonsari Kulon, Kanigaran, Kota Probolinggo

Pemerintah Desa Trojalu melihat BBGRM sebagai salah satu cara untuk memperkuat integrasi sosial di desa. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam hal kebersihan lingkungan. Tetapi juga sebagai wadah untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kerja sama antarwarga. 

Selain itu, kegiatan gotong royong juga dapat menjadi kesempatan bagi warga untuk lebih mengenal satu sama lain dan membangun komunikasi yang baik di antara mereka.

Di sisi lain, warga Desa Trojalu menyambut baik program ini. Mereka merasa bahwa kegiatan gotong royong memberikan dampak positif, baik bagi lingkungan maupun dalam membangun hubungan sosial.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kelurahan Kanigoro Salurkan Bansos Kepada Penyandang Disabilitas

Salah seorang warga Dusun Karangturi, Sutrisno, mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini penting untuk dilaksanakan secara rutin agar kebersamaan di desa tetap terjaga.

"Kami senang dengan adanya kegiatan ini. Selain bisa membersihkan lingkungan, kami juga bisa berkumpul dan saling membantu. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut," ujar Sutrisno.

Dengan semangat kebersamaan yang ditanamkan melalui BBGRM XXI Tahun 2024 ini, Desa Trojalu berharap dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain. Terutama dalam melestarikan budaya gotong royong dan menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Program Pamsimas Desa Sepanjang Banyuwangi

Gotong royong, sebagai salah satu nilai luhur bangsa, diharapkan akan terus hidup dalam keseharian masyarakat, bukan hanya sebagai seremonial tahunan.

BBGRM ini tidak hanya menjadi ajang untuk membersihkan desa, tetapi juga menjadi simbol semangat kolaborasi dan inovasi untuk terus membangun Desa Trojalu yang lebih maju, sejalan dengan tema "Jatim Bangkit Terus Melaju". (*)

BACA JUGA:APJW II 2024, Pagelaran Seni Janger Semalam Suntuk, Wujud Cinta Desa Sepanjang untuk Kemerdekaan

*) Elsa Amalia Kartika Putri, Mahasiswi Politeknik Negeri Malang, Mahasiswa Program Magang Regular Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: