GP Azerbaijan: Oscar Piastri Juara, McLaren Kembali ke Puncak Klasemen Konstruktor!

GP Azerbaijan: Oscar Piastri Juara, McLaren Kembali ke Puncak Klasemen Konstruktor!

GP Azerbaijan: Oscar Piastri juara, McLaren kembali ke puncak klasemen konstruktor! Foto: Oscar Piastri menyemprotkan sampanye di podium sirkuit Baku City, 15 September 2024.-Natalia Kolesnikova-AFP

HARIAN DISWAY - GP F1 Azerbaijan berlangsung penuh drama. Mungkin ini seri paling dramatis sepanjang musim balap Formula 1 2024.

Bukan Charles Leclerc, si peraih pole position empat kali, yang jadi juara di sirkuit jalanan Baku City. Sebaliknya, bintang muda McLaren Oscar Piastri-lah yang bersinar.

Start dari posisi kedua, sukses menjadi juara GP Azerbaijan setelah menyalip Leclerc di lap ke-20. Dan berhasil mempertahankan posisi itu hingga akhir.

Oscar Piasti melahap 52 lap sirkuit Baku City dengan total waktu 1 jam, 32 menit, 58,007 detik. Disusul Leclerc dan pembalap Mercedes George Russell. Itu adalah kemenangan keduanya di F1 musim ini. Setelah menjuarai GP Hungaria pada 21 Juli lalu.

BACA JUGA:GP Azerbaijan: Ini Daftar Pole Position dan Juara 2016-2023

BACA JUGA:GP Azerbaijan: Charles Leclerc Raih Pole Position Keempat Buruntun, Kali Ini Bisa Juara?

"Ini mungkin kemenangan terbaik dalam karierku," kata Oscar Piastri semringah, dalam konferensi pers usai lomba yang dikutip Guardian.


Selebrasi Oscar Piastri yang berdiri di atas kokpit mobil McLarennya, usai finis pertama di sirkuit Baku City di GP Azerbaijan Minggu (15/9)--Twitter Formula 1 @F1

"Aku mencoba menahan tekanan begitu lama, dan itu sangat sulit. Aku melihat satu atau setengah peluang setelah pit stop, dan aku tahu aku harus mencoba dan mengambilnya," ungkapnya, menceritakan proses kemenangannya.

Sejarah McLaren

Bukan hanya buat Piastri, lomba ini begitu penting untuk tim McLaren. Untuk kali pertama setelah satu dekade, pabrikan asal Inggris itu akhirnya merebut kembali puncak klasemen konstruktor.

McLaren kali terakhir menjadi pimpinan konstruktor pada pekan pertama musim Formula 1 2014. Ketika Jenson Button dan Kevin Magnussen finish 1-2 di GP Australia. Setelah itu mereka tak mampu mempertahankan keunggulan.

Selain itu, rekan setim Piastri, Lando Norris, juga berhasil menjaga asa tetap hidup. Meski start dari posisi ke-15, ia melakukan comeback yang luar biasa hingga melesat ke posisi keempat.

BACA JUGA:Pit Stop Formula 1: Lebih dari Sekadar Ganti Ban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc