Akibat Gempa di Bandung Ratusan Rumah Rusak, 81 Orang Luka-luka

Akibat Gempa di Bandung Ratusan Rumah Rusak, 81 Orang Luka-luka

Gempa di Kabupaten Bandung. Total korban luka pada peristiwa yang terjadi Rabu, 18 September itu sebanyak 81 orang di Kabupaten Bandung dan 1 orang di Kabupaten Garut. --BNPB

"Masyarakat Bandung saya imbau mewaspadai segala kemungkinan gempa susulan," ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung, Teguh Rahayu saat berada di Desa Cibeureum, Kabupaten Bandung.

Selain itu Rahayu mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya pada hoaks atau isu yang tidak benar yang beredar. "Jangan langsung percaya pada informasi yang belum terverifikasi, terutama terkait prediksi gempa," katanya.

"Apalagi gempa bumi tidak bisa diprediksi dengan pasti," lanjutnya. Yang jelas, dalam kondisi seperti ini, BMKG terus memantau aktivitas seismik di daerah tersebut untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

BACA JUGA: Man City vs Inter Milan 0-0, Guardiola dan Inzaghi Sama-Sama Puas

Maka dari itu BMKG juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi, termasuk pencegahan dan langkah-langkah evakuasi yang tepat.

Ia menekankan pentingnya kerjasama antara pihak BMKG, pemerintah, dan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana alam ini. Maka semua diharapkan harus saling bekerja sama dalam menghadapi potensi bencana alam termasuk gempa bumi.

"Dalam kondisi seperti ini semua pihak harus berperan aktif untuk menjaga keselamatan diri dan masyarakat sekitar. Selama itu kami akan terus berupaya mengatasi hal-hal yang terjadi karena dampak yang ditimbukan," tegasnya. (*)

*) Mahasiswa magang di Harian Disway dari Juruan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: