Dua Agenda Utama Jokowi Kunjungi Jatim: Sidak Pasar Dukuh Kupang dan Jadi Saksi Nikah Putra Khofifah

Dua Agenda Utama Jokowi Kunjungi Jatim: Sidak Pasar Dukuh Kupang dan Jadi Saksi Nikah Putra Khofifah

Di halaman Masjid Al Akbar Surabaya, ratusan orang menunggu Jokowi keluar dari masjid. Mereka ingin sekadar menyapa maupun berfoto dengan presiden ke-7 RI ini. Tak heran, selain pengantin, justru Jokowilah yang menjadi pusat perhatian. -Dinar Mahkota Prameswari-HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Dalam bulan September ini sudah dua kali Presiden Joko Widodo kunjungi Surabaya. Kali ini, tepat sebulan sebelum lengser, Jokowi kembali ke Kota Pahlawan. Salah satu agendanya adalah menyidak Pasar Dukuh Kupang Surabaya.

Juga menghadiri pernikahan putra Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Presiden tiba sekitar pukul 17.20. Ia tidak sendiri, melainkan didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Kedatangannya disambut hangat sejumlah petinggi Jatim.

Tampak Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rudy Salahudin, Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto, dan Kabinda Jawa Timur Brigjen (Pol) Rudy Tranggono.

BACA JUGA: Hadiri Pernikahan Anak Khofifah, Jokowi Absen di Penutupan PON XXI di Sumut

Di pasar, Jokowi mengecek harga bahan pokok. Menurutnya beberapa bahan pokok harganya relatif rendah dari mulai harga telur hingga cabe rawit. Presiden mengungkapkan bahwa harga tersebut sangat murah.

Dalam kesempatan itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang ikut turun ke pasar, sempat membeli beberapa bahan pokok di lapak pedagang. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia beserta istri itu pun disambut pedagang dan pengunjung pasar.

Mereka sangat antusias. Beberapa orang mengaku terharu karena dapat bersalaman langsung dengan presiden RI. Sebagai balasan atas sambutan yang meriah itu, Jokowi membagikan kaus dan tas hingga biaya langsung tunai dan sembako.

BACA JUGA: Jokowi ke Surabaya Lagi, Sambang Pasar Dukuh Kupang hingga Hadiri Pernikahan Anak Ketiga Khofifah

Warga pun mamin senang dengan kehadirannya. Selain menyambutnya dengan hangat, mereka juga meminta bersalaman dan berfoto. Tak lupa mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya dalam negeri ini selama 10 tahun. 

Dalam kunjungan itu, Jokowi sekaligus berpamitan karena ia akan memasuki purna tugas pada Oktober 2024 mendatang. Setelah itu ia digantikan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rabuminng Raka yang bertugas hingga 2029. 

Sebelum itu, agenda Jokowi yang tak kalah pentingnya adalah menghadiri dan menjadi saksi atas pernikahan Yusuf Mannagalli Parawansa, putra ketiga Khofifah yang diselenggarakan di Masjid Al Akbar Surabaya.

BACA JUGA: Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Cari 20 Desa/Kelurahan Terbaik, Tim Juri Berdiskusi

Seperti sidak di pasar, presiden datang beserta Iriana sekitar pukul 13.00 WIB. Ia mengikuti pelaksanaan akad nikah yang digelar di Ballroom Al Marwah di masjid terbesar di Surabaya, sekitar pukul 13.30 untuk mengikuti acara pukul 14.00. 

Di sana, Jokowi menjadi saksi dari pihak mempelai pria. Sedangkan dari pihak mempelai perempuan saksinya adalah KH Idris Hamis, pengasuh Pondok Pesantren Bayr Al-Hikmah, Kota Pasuruan. "Sah. Alhamdulillah," kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: