Pertamina Adakan Edukasi Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 di Bandung, Fokus pada Energi Bersih dan Bebas Emisi

Pertamina Adakan Edukasi Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 di Bandung, Fokus pada Energi Bersih dan Bebas Emisi

Pertamina bersama insan media berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 1 di wilayah Jawa Barat. --DOK Pertamina

HARIAN DISWAY - PT Pertamina (Persero) menggelar sosialisasi dan edukasi Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 di Bandung pada 22-24 September 2024. Kegiatan ini mengajak insan media dari Teritori Jawa Bagian Barat (JBB). 

Mereka memiliki kesempatan untuk mengunjungi proyek-proyek energi bersih Pertamina di wilayah tersebut. Sekaligus memberikan edukasi mengenai bisnis yang mendukung bebas emisi karbon.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menjelaskan bahwa Pertamina berkomitmen menjalankan bisnis energi yang berkelanjutan. Serta mendukung target pemerintah dalam mencapai net zero emission

Salah satu upaya konkret Pertamina adalah dengan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 1 di Teritori JBB. 

BACA JUGA:Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Lombok Aman Menjelang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

"PLTGU Jawa 1 merupakan yang terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas 1.760 MW dan menggunakan teknologi mutakhir single-shaft combined cycle gas turbine (CCGT). Yang efisien dalam menekan biaya produksi listrik,” jelas Fadjar. 

Selain itu, PLTGU Jawa 1 juga berperan penting dalam pengurangan emisi karbon hingga 3 juta ton CO2 per tahun, menambah portofolio energi bersih Pertamina.

Dalam AJP 2024 di wilayah JBB, Pertamina melalui Subholding Pertamina New & Renewable Energy (PNRE). Mereka memberikan sosialisasi kepada para insan media terkait pentingnya bisnis bebas emisi karbon. 

Salah satu yang disosialisasikan adalah implementasi carbon neutral melalui aktivitas yang dikompensasi dengan kredit karbon. Aktivitas bebas emisi ini mencakup transportasi dan limbah yang dihasilkan selama kegiatan. Yang diperkirakan menyumbang 1 ton emisi karbon per orang.

BACA JUGA:Muncul Polemik Pertalite Bakal dihapus, Pertamina Patra Niaga Pastikan Masih Tetap Berlanjut Pada 1 September 2024


Seremonial simbolis penerimaan sertifikat penurunan emisi sebagai bentuk offset emisi karbon di kegiatan AJP 2024 Teritori Jawa Bagian Barat (JBB), 23 September 2024.--DOK Pertamina

“Melalui kegiatan media visit dan sosialisasi ini, Pertamina berharap para jurnalis terinspirasi untuk membuat karya jurnalistik yang berfokus pada isu energi bersih. Setiap peserta yang hadir juga akan mendapatkan sertifikat penurunan emisi sebagai bentuk kontribusi dalam mengurangi jejak karbon,” jelas Fadjar

“Tidak hanya di wilayah JBB, ke depannya kami berharap setiap penyelenggaraan AJP di seluruh Indonesia dapat mengedepankan konsep bebas karbon emisi,” tambahnya.

Selain fokus pada energi bersih, Pertamina juga mengajak insan media mengunjungi wilayah operasional petrokimia. PT Polytama Propindo, yang merupakan anak usaha Pertamina, telah memproduksi polypropylene resin. Dengan kapasitas 300.000 ton per tahun, menjadikannya sebagai produsen utama di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kabar bumn