Kuda Nil Imut Jadi Tambang Duit, Kebun Binatang Raup Uang Rp 8,9 Miliar

Kuda Nil Imut Jadi Tambang Duit, Kebun Binatang Raup Uang Rp 8,9 Miliar

INTERAKSI pengunjung dengan Moo Deng yang dijaga ibunya, Tony, di Khao Kheow Open Zoo, Thailand.-LILLIAN SUWANRUMPHA-AFP-

Menurut data, Moo Deng adalah kuda nil kerdil betina yang lahir pada 10 Juli 2024. Nama ayahnya adalah Jonah. Ibunya bernama Tony.

Nama Moo Deng muncul dari jajak pendapat yang diikuti oleh lebih dari 20 ribu orang.

Nah, Moo Deng punya dua kakak. Yang laki-laki bernama Moo Toon (Babi Rebus) dan yang perempuan bernama Moo Waan (Babi Manis).


WAJAH IMUT Moo Deng, kuda nil kerdil yang viral di media sosial Thailand.-LILLIAN SUWANRUMPHA-AFP-

Sejatinya, kuda nil kerdil (Choeropsis liberiensis) adalah hewan yang sangat langka. Statusnya terancam punah.

Hewan tersebut banyak tersebar di wilayah rawa-rawa di Afrika Barat. Misalnya, di Sierra Leone, Guinea, atau Pantai Gading.

Data dari International Union for Conservation of Nature menyebut bahwa hewan tersebut hanya tersisa sekitar 2.000-2.500 ekor di alam bebas. Sebagian lagi ada di penangkaran.

Hewan nocturnal (aktif di malam hari) tersebut memang mirip banget dengan kuda nil (Hippopotamus amphibius). Tetapi, ukurannya lebih kecil. Makanya disebut kerdil. Tinggi rata-rata ketika dewasa adalah 75-100 sentimeter. Panjangnya sekitar 175 sentimeter. Rata-rata beratnya adalah 400-600 kilogram.

Meski begitu, kepopuleran Moo Deng ternyata tidak menyenangkan hati semua orang. Salah satu yang menentang adalah kelompok perlindungan hak-hak hewan PETA. Mereka mengeluarkan pernyataan keras melalui situs web mereka. Katanya, ’’Tidak ada hal lucu tentang lahirnya bayi-bayi hewan di penangkaran…” (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: