Kuda Nil Imut Jadi Tambang Duit, Kebun Binatang Raup Uang Rp 8,9 Miliar

Kuda Nil Imut Jadi Tambang Duit, Kebun Binatang Raup Uang Rp 8,9 Miliar

INTERAKSI pengunjung dengan Moo Deng yang dijaga ibunya, Tony, di Khao Kheow Open Zoo, Thailand.-LILLIAN SUWANRUMPHA-AFP-

ANDA pasti sudah tahu Moo Deng, kuda nil kerdil dari Khao Kheow Open Zoo, Si Racha, Provinsi Chonburi, Thailand, yang jadi sensasi di media sosial. Begitu sensasionalnya, sampai-sampai Moo Deng menjadi tambang duit bagi kebun binatang itu. Penghasilan mereka meningkat berlipat-lipat.

Pernyataan kebun binatang tersebut dirilis oleh Agence France-Presse, Kamis, 26 September 2024. Berdasar wawancara dengan kantor berita asal Prancis tersebut, penjualan tiket sejak awal September 2024 hingga Rabu, 25 September 2024, mencapai 19,2 juta baht. Itu sekitar Rp 8,9 miliar. Meningkat empat kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu.

Penggemar dari seluruh dunia antre selama berjam-jam di luar kandang kuda nil kerdil tersebut. Sehingga, pengurus kebun binatang membatasi waktu pengamatan Moo Deng hanya lima menit per pengunjung.

Kebun binatang juga telah menyiapkan siaran langsung sepanjang waktu dari kandang kuda nil. Layanan itu untuk mengurangi waktu antrean plus melayani orang yang tidak bisa datang langsung.

BACA JUGA:Kuda Nil Viral Moo Deng, Popularitas Justru Membahayakan Dirinya

BACA JUGA:Moo Deng, Bayi Kuda Nil Viral, Netizen Anggap Reinkarnasi Superstar

Selain itu, kebun binatang berharap popularitas Moo Deng dapat meningkatkan penjualan merchandise. Mereka meluncurkan lini kaus bertema kuda nil kerdil pekan lalu. Harganya 300 baht atau sekitar Rp 400 ribu. Dan kaus itu hanya tersedia di kebun binatang. Eksklusif.

"Kami bekerja sama dengan perusahaan untuk membantu memproduksi produk Moo Deng. Misalnya, kaus dan celana," kata juru bicara kebun binatang tersebut.


ANTREAN PENGUNJUNG di sekitar kandang Moo Deng, 15 September 2024. Mereka penasaran dengan tingkah lucu kuda nil kerdil tersebut.-LILLIAN SUWANRUMPHA-AFP-

Menurutnya, semua keuntungan dari Moo Deng akan digunakan untuk meningkatkan fasilitas bagi semua hewan di kebun binatang, bukan hanya bagi bintang utamanya. "Pendapatan akan digunakan untuk pemeliharaan kebun binatang."

Anda sudah tahu, Moo Deng adalah bayi kuda nil kerdil. Kata moo deng berarti babi melenting dalam bahasa Thailand. Istilah itu disematkan karena sosok Moo Deng yang begitu imut. Gemuk. Montok. Tingkah lakunya juga menggemaskan.


BIAR SEGAR, Moo Deng dimandikan oleh staf Khao Kheow Open Zoo, Thailand, 15 September 2024.-LILLIAN SUWANRUMPHA-AFP-

Tingkah laku lucu kuda nil berusia tiga bulan itu menjadi viral di TikTok dan Instagram. Orang pun menjadi terinspirasi. Moo Deng dijadikan aneka produk merchandise, meme, bahkan kerajinan tangan.

Muncul pula berbagai tutorial kerajinan tangan bertema meme di dunia maya. Dengan mengikuti tutorial tersebut, orang bisa membuat rajutan atau bahkan kue berbentuk kuda nil kerdil tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: