Tip Merawat Gundam Platik ala Just A Toys Ini Bisa Anda Tiru Agar Koleksi Awet

Tip Merawat Gundam Platik ala Just A Toys Ini Bisa Anda Tiru Agar Koleksi Awet

Gundam milik Fajar Nugroho. Ada tip dari anggota komunitas pecinta gunpla Just a Toys yang patut disimak. -Fajar Nugroho-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Beberapa kali ini pembahasan tentang gundam sudah kita ulas. Namun, belum pernah sama sekali membahas bagaimana cara perawatannya. Kali ini ada tip dari komunitas pecinta gundam plastik (gunplaJust a Toys.

Perihal teknik perawatan dari mainan yang satu ini. Ifdal Elvari Lubis dan Fajar Nugroho dari Just a Toys itu sudah lama mengoleksi mainan meka gundam. Terhitung sejak menempuh bangku SD mereka sudah menekuni hobi koleksi gundam.

"Mulai ngoleksi gunpla itu mulai 2012, tahu koleksi gunpla dari abang sepupu," ucap Ifdal. Fajar memulai kegiatan pengoleksian tersebut sama dengan Ifdal. Tapi Fajar mengetahui gundam lalu tertarik karena bermain game Gundam Battle Universe.

BACA JUGA: Serial Gundam: Requiem for Vengeance Rilis Pekan Depan, Berhasilkah Netflix Pikat Perhatian Fans Meka Gundam?

Kedua anggota Just a Toys itu punya cara dalam menyimpan dan merawat gundam. Ifdal mengungkapkan bahwa biasanya jika gundam berwarna putih biasanya dari waktu ke waktu menguning. Sehingga perlu pengamanan ekstra dari top coat.

"Seperti dipernislah kalau kata orang itu," ujarnya. Jadi topcoat ini akan melapisi cat dari gundamnya tadi. Sehingga lebih tahan lama dan tidak menguning. Selain itu, top coat juga melindungi dari debu.

Ifdal menekankan meskipun telah menggunakan top coat tetap hindarkan gundam dari paparan sinar matahari langsung. Untuk penyimpanan menurut Ifdal paling baik di ruang tertutup. Lalu diberi silica gel supaya udara di sana tetap lembab.

BACA JUGA: Mau Mulai Koleksi Gundam? Kenali Dulu Macam-Macam Grade Gunpla Beserta Kisaran Harganya

Meskipun akan tetap menguning tetapi warnanya tidak akan berubah signifikan. Sedangkan menurut Fajar elemen terpenting dalam menyimpan dan merawat gundam itu dari lemari. Kondisinya harus pas. Tidak terlalu lembab atau terlalu kedap udara.

Sehingga debu-debu tidak bisa masuk dan mengotori gundam. Fajar menjelaskan bahwa pembersihan gundam sangat memengaruhi perawatan. Fajar menggunakan kuas kecil untuk membersihkan gundam.
Koleksi gundam milik Fajar Nugroho yang terawat baik. Untuk membersihkannya, Fajar menggunakan kuas kecil sehingga gundam tak dipenuhi debu. -Fajar Nugroho-

Tentunya top coat sangat berperan dalam menjaga kualitas dari gunpla. Karena dengan menggunakan top coat, pembersihan gundam jauh lebih mudah. "Selain itu saya pakai water decal seperti stiker tambahan untuk motif jadi lebih aman," ujar Fajar.

BACA JUGA: Inilah 4 Gundam Model Kit High Grade dengan Desain dan Detail Paling Memukau

BACA JUGA: Tertarik Koleksi Gundam? Coba Dulu 4 Gundam Entry Grade Untuk Kamu Kolektor Pemula, Harga Cuma 100 Ribuan

"Karena sudah dipasang top coat," lanjut Fajar. Sehingga dengan menggunakan top coat serta lemari penyimpanan yang sudah siap, maka gundam akan lebih tahan lama. Bahkan menurut Fajar gundam ini bisa menjadi aset investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: