Arsenal vs PSG 2-0, Mikel Arteta Puji Kai Harvertz Habis-Habisan

Arsenal vs PSG 2-0, Mikel Arteta Puji Kai Harvertz Habis-Habisan

HARIAN DISWAY - Arsenal mencatat hasil spektakuler di matchday kedua Liga Champions 2024/2025. Tim berjuluk The Gunners itu memukul Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor solid 2-0.

Bermain di kandang sendiri, Emirates Stadium, Arsenal tampil prima. Jauh lebih bagus daripada saat ditahan imbang 0-0 oleh Atalanta pada matchday pertama lalu.

Dua gol The Gunners diciptakan di babak pertama. Tepatnya oleh Kai Havertz di menit ke-20, dan Bukayo Saka pada menit ke-30. Selebihnya, mereka lebih disiplin dalam bertahan.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta pun melayangkan pujian setinggi langit kepada anak buahnya, terutama Kai Havertz. Sedangkan pelatih PSG Luis Enrique tidak punya alasan atas kekalahannya. Ia menyebut Arsenal memang layak menang.

BACA JUGA:Arsenal vs Leicester 4-2: The Gunners Menang Dramatis

BACA JUGA:PSG vs Rennes 3-1, Les Parisien Kembali ke Puncak, Alihkan Fokus ke Arsenal

Pujian Mikel Arteta


Arsenal vs PSG 2-0, Mikel Arteta puji Kai Harvertz habis-habisan. Foto: Reaksi Havertz setelah mencetak gol pembuka, 2 Oktober 2024.-Adrian Dennis-AFP

Kai Havertz mendapatkan perhatian spesial dari Mikel Arteta. Striker timnas Jerman itu membawa tuan rumah unggul dengan sundulannya yang berani, melewati kiper PSG Gianluigi Donnarumma pada menit ke-20.

Itu adalah gol keenam Havertz dalam enam pertandingan terakhir Arsenal di Emirates, di semua kompetisi. Seusai laga, ia juga dianugerahi penghargaan man-of-the-match untuk penampilan excellent di lini depan.

"Ia luar biasa," kata Mikel Arteta kepada Amazon Prime. "Ia punya otak sepak bola yang keren. Caranya memahami ruang, pengaturan waktunya, caranya menyatukan orang-orang, itu keren. Ia bisa menyatukan tim," pujinya.

"Etos kerjanya luar biasa. Dan setiap kali Kai berada di sekitar kotak penalti, ia menjadi ancaman nyata bagi siapa pun. Kai adalah salah satu pemain utama kami saat ini," papar manajer asal Spayol tersebut.

BACA JUGA:Kans Juara Arsenal Terbuka Saat Rodri Cedera Parah, Lini Tengah Man City Goyah

BACA JUGA:Man City vs Arsenal 2-2: Pep Guardiola Puji Kesabaran The Cityzens

Arteta senang dengan penampilan babak pertama Arsenal yang disebutnya "sangat dominan". Mereka berani menekan, padahal lawannya adalah PSG. Tim berbahaya yang oleh Arteta disebut memiliki kepribadian yang utuh.

"Tentu saja aku sangat senang," ucap Arteta. "Kami menghadapi lawan yang tangguh, tim yang punya banyak kepribadian dan sangat sulit untuk dihadapi, terutama saat Anda tidak menguasai bola," jelasnya.

"Tetapi khususnya di babak pertama, kami sangat dominan dan babak kedua adalah cerita yang berbeda," lanjut Arteta.

Jalannya Pertandingan Arsenal vs PSG


Arsenal vs PSG 2-0, Mikel Arteta puji Kai Harvertz habis-habisan. Foto: Arsenal cetak gol kedua lewat Bukayo Saka, 2 Oktober 2024. -Adrian Dennis-AFP

Arsenal memang menekan sejak menit pertama. Mereka tak mau kehilangan muka sebagai tuan rumah.

Pembukaan manis didapat oleh Arsenal melalui sundulan Kai Havertz di menit ke-20. Memanfaatkan umpan silang Leandro Trossard, ia menanduk bola ke gawang Gianluigi Donnarumma yang mati langkah.

BACA JUGA:Arsenal Imbangi Atalanta 0-0, David Raya Gagalkan Penalti Mateo Retegui

BACA JUGA:Odegaard Cedera, Arsenal Kehilangan Kapten untuk Waktu Lama

Arsenal telah menikmati kesuksesan fenomenal dari bola mati selama 12 bulan terakhir. Dan itu terbukti lagi di laga melawan PSG ini.

Hanya 15 menit setelah gol Kai Havertz, mereka mendapatkan tendangan bebas. Bukayo Saka mengeksekusi. Entah bagaimana, tendangan cantiknya berhasil menghindari beberapa pemain untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.


Arsenal vs PSG 2-0, Mikel Arteta puji Kai Harvertz habis-habisan.-Kickers-

PSG telah berusaha keras memberikan tekanan. Namun pemain dari Arsenal tidak membiarkan gempuran itu menerobos gawang mereka.

Di babak kedua, PSG meningkatkan intensitas serangan. Namun pertahanan solid Arsenal berhasil membendung semua ancaman. Kiper Arsenal David Raya tampil memukau dengan beberapa penyelamatan cantik.

BACA JUGA:Reims vs PSG 1-1: Tren Kemenangan Les Parisien Terhenti

BACA JUGA:PSG vs 1-0: Les Parisien Harus Berterima Kasih pada Kiper Lawan

PSG sempat hampir mencetak gol ketika tendangan Joao Neves membentur mistar gawang. Namun keberuntungan tak berpihak pada mereka.

Upaya Luis Enrique untuk memperkecil ketertinggalan dengan memasukkan pemain seperti Kolo Muani dan Lee Kang In tak memberikan hasil.


Arsenal vs PSG 2-0, Mikel Arteta puji Kai Harvertz habis-habisan. Foto: Upaya PSG membalas gol lewat Vitinha gagal, 2 Oktober 2024. -Adrian Dennis-AFP

Dan meski PSG terus mencoba mendominasi penguasaan bola, Arsenal tetap tenang dan mengendalikan permainan. Gabriel Jesus masuk menggantikan Leandro Trossard di menit ke-75, namun Arsenal lebih fokus mempertahankan keunggulan.

Kemenangan itu membuat Arsenal melesat ke peringkat 8 klasemen Fase Liga. Mereka mengumpulkan 4 poin. Sedangkan PSG ada di peringkat 18 dengan 3 poin.

BACA JUGA:Prancis vs Belgia 2-0: Duo PSG Pastikan Kemenangan Les Bleus

BACA JUGA:Kylian Mbappe Desak PSG Bayar 55 Juta Euro, Tolak Tawaran Mediasi

"Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit, dengan permainan tekanan tinggi dari lawan kami sejak menit pertama. Kami gagal mengatasi tekanan itu," jelas Luis Enrique. "Kami hampir kalah dalam semua duel perebutan bola," sambatnya.

"Setelah mereka mencetak dua gol, permainan berubah. Mereka memberi kami sedikit lebih banyak ruang, tapi itu adalah pertandingan yang sangat sulit bagi kami dan kami berada di posisi kedua terbaik malam ini," tambah eks pelatih Barcelona tersebut. (*)

Susunan Pemain Arsenal vs PSG

Arsenal (4-4-2): 22-D Raya (GK); 12-J Timber, 2-W Saliba, 6-Gabriel, 33-R Calafiori; 7-B Saka, 5-T Partey, 41-D Rice, 11-G Martinelli; 29-K Havertz, 19-L Trossard

Pelatih: Mikel Arteta

PSG (4-3-3): 1-G Donnarumma (GK); 2-A Hakimi, 5-Marquinhos, 51-W Pacho, 25-N Mendes; 33-W Zaire-Emery, 17-Vitinha, 87-J Neves; 14-D Doue, 19-K Lee, 29-B Barcola

Pelatih: Luis Enrique 

*) Peserta Magang MBKM dari Prodi Bahasa dan Sastra Inggris 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc