Mengapa Mi Ayam Begitu Digandrung di Indonesia?

Mengapa Mi Ayam Begitu Digandrung di Indonesia?

Mi ayam yang menjadi idola banyak masyarakat Indonesia. --YouTube Devisa Hermawan

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Siapa yang tidak kenal dengan mi ayam? Sajian yang satu ini sudah menjadi bagian dari keseharian kuliner Indonesia. Hampir di setiap sudut jalan, kita bisa menemukan pedagang mi ayam.

Entah dengan gerobak, warung kecil, hingga restoran besar yang menawarkan beragam varian. Mi ayam bukan sekadar mie dengan taburan ayam, tetapi juga kombinasi antara tekstur mie yang kenyal, kuah gurih, dan topping yang beragam.

Dalam setiap mangkuknya, mie ayam menggabungkan rasa yang sederhana tapi kaya. Membuatnya menjadi salah satu makanan favorit di semua kalangan. Namun, apa sebenarnya yang membuat mie ayam ini begitu populer?

Apakah dari rasa dan teksturnya? Atau kepraktisannya? Mari kita simak penjelasannya pada artikel berikut.

BACA JUGA: Warga Surabaya Merapat! Nggak Perlu Jauh-Jauh, Ini List Mie Bakar Di Surabaya Yang Wajib Dicoba!

BACA JUGA: 5 Resep Sambal Nusantara yang Pedasnya Nendang dan Bikin Ketagihan, Ada Cara Membuatnya!

Mi Ayam dengan Bermacam Rasa

Di Surabaya, kita bisa menemukan berbagai varian mi ayam. Mulai dari mie ayam klasik, mi ayam bakso, hingga mi ayam dengan pangsit goreng atau rebus. Beberapa penjual juga menawarkan mi ayam dengan tambahan ceker, dan hati.

Ada juga usus ayam sebagai pilihan topping. Tidak hanya itu, ada inovasi lain yang juga mulai banyak digemari. Seperti mi ayam pedas dengan berbagai tingkat kepedasan. Bagi pecinta makanan pedas, mi ayam yang satu ini jadi favorit.

Karena ragamnya rasa yang ditawarkan membuat mie ayam tak lekang oleh zaman. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia memiliki resep mi ayamnya sendiri. Misal saja mi ayam Wonogiri yang punya cirikhas pada kekentalan kuahnya.

BACA JUGA: Keunikan dan Sejarah Mi Hong Kong, Simbol Kekayaan Budaya dan Cita Rasa

Atau mi ayam Jakarta yang dominan rasa gurih asin. Dengan varian yang beragam itu, mi ayam tak pernah hilang pesona untuk jadi santapan masyarakat Indonesia.

Murah, Mudah dan Cepat

Mi ayam juga sering kali menjadi pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan makanan cepat saji dengan harga yang ramah di kantong. Satu porsi mie ayam di Surabaya biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: