Konaspi XI 2024 di Unesa: Bahas Tantangan Transformasi Pendidikan Era Digital

Konaspi XI 2024 di Unesa: Bahas Tantangan Transformasi Pendidikan Era Digital

Pembukaan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) XI 2024 di Graha Unesa Kampus 2 Lidah Wetan, Selasa, 8 Oktober 2024.-Humas Unesa-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sukses menjadi tuan rumah dalam pembukaan puncak Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) XI 2024, Selasa malam, 8 Oktober 2024.

Acara itu berlangsung di Graha Unesa Kampus 2 Lidah Wetan, dihadiri oleh ribuan peserta yang merupakan delegasi perguruan tinggi negeri LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan).

Konaspi merupakan agenda dua tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Indonesia (ALPTKI).

Tema kali ini mengusung SDM Unggul untuk Mewujudkan Indonesia EMAS 2045.

"Konaspi XI bisa menjadi forum sekaligus wahana akademik LPTK untuk menyalurkan sumbangsih pemikiran terkait pembangunan SDM unggul," ujar Rektor Unesa, Nurhasan.

BACA JUGA:Cetak Rekor MURI, 16.827 Mahasiswa Baru Unesa Bersurat Kepada Presiden Terpilih

BACA JUGA:Mahasiswa Internasional Unesa Unjuk Diri di Internasional Cultural Festival 2024

Para peserta Konaspi XI akan membahas dan mengkaji berbagai topik. Seperti tantangan dan peluang transformasi pendidikan era digital serta penguatan profesionalisme guru abad ke-21.

Mereka juga akan merumuskan poin strategis untuk mengembangkan LPTKNI (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Nasional Indonesia) yang kontributif bagi pembangunan nasional. 

Revitalisasi LPTK, baik dari aspek kelembagaan, tata kelola, standarisasi, kurikulum, pendidikan inklusif, dan kesetaraan akses, juga tak luput dibahas dalam forum Konaspi XI. 

"Tujuannya bisa melahirkan rekomendasi strategis yang mendorong percepatan pembangunan pendidikan nasional menuju Indonesia EMAS (Era Masyarakat Adil Sejahtera, Red)," imbuh Cak Hasan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Abdul Haris mengatakan bahwa kualitas SDM menjadi kunci pembangunan suatu negara.  

Negara dengan akses pendidikan tinggi yang lebih baik memiliki kemampuan dalam menciptakan inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 


Rektor Universitas Negeri Surabaya, Nurhasan saat memberikan sambutan pada pembukaan puncak Konaspi XI 2024 di Graha Unesa Kampus 2 Lidah Wetan, Selasa, 8 Oktober 2024.-Humas Unesa-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: